Wabup Rohil Lantik Markasim Sebagai Penghulu Bagan Jawa

Wabup Rohil Lantik Markasim Sebagai Penghulu Bagan Jawa 2

ROHIL, lintasbarometer.com

Wakil Bupati (Wabup) kabupaten Rokan Hilir (Rohil) melantik Markasim sebagai Penghulu Bagan Jawa yang terpilih pada Pemilihan Penghulu (Pilpeng) serentak tahap III pada tanggal 21 Desember 2020 lalu. Pelantikan itu dipusatkan di aula Masjid Jam’i, Selasa (26/1/2021) pagi.

Wabup Jamiludin mengatakan, pelantikan Markasim sebagai Penghulu merupakan hasil dari pelaksanaan Pilpeng serentak Tahap III. Untuk itu jalankan amanah yang diberikan dan bisa mengayomi masyarakat. Karena Penghulu merupakan ujung tombak dari Pemerintah Daerah.

Jamil juga mengingatkan kepada Datuk Penghulu bisa melakukan kerjasama dengan BPKep. “Jangan sampai ada lagi kepala desa atau penghulu yang bentrok dengan BPKep. Untuk itu lakukan koordinasi yang baik agar pembangunan desa berjalan seperti apa yang diharapkan masyarakat,” pesannya.

Datuk Penghulu Bagan Jawa, Markasim mengatakan jika salah satu syarat dirinya dilantik berdasarkan Peraturan Bupati (Perbup). “Memang dalam Pilpeng Tahap III terjadi gugatan sengketa, akan tetapi tidak boleh menunda jadwal pelantikan penghulu terpilih. Karena penghulu terpilih wajib dilantik,” ucapnya.

Ia juga berharap kepada dua kepenghuluan lainnya yang memiliki gugatan dari calon lain bisa secepatnya dilantik. “Pilpeng tahap III diikuti 12 kepenghuluan, 9 kepenghuluan di antaranya sudah dilantik serentak belum lama ini di gedung H Misran Rias,” kata Markasim.

Pelantikan dirinya sebagai Penghulu Baja katanya merupakan salah satu dari 3 kepenghuluan yang tidak bisa dilantik serentak beberapa waktu lalu karena memiliki sengketa. “Alhamdulillah hari ini sudah bisa dilantik, dan saya berharap dua kepenghuluan lainnya yakni kepenghuluan Sintong dan Tanjung Leban bisa segera dilantik,” harapnya.

Lebih jauh Markasim mengatakan jika gugatan yang dilayangkan lawannya itu merupakan suatu proses, dan hukumlah nanti yang menentukan. “Kami sebagai penghulu terpilih tentunya juga menjalankan amanah dari undang-undang,” ucapnya.

Ia juga berkomitmen menjadikan kepenghuluan baja menjadi desa yang kuat, berdaya guna, memberikan kepastian hukum bagi masyarakat, dan menjalankan amanah memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.

Pelantikan itu turut dihadiri Asisten I Drs H Ferry Hendra Parya MSi, Kadisdukcapil Rohil Basaruddin SH, Perwakilan Kodim 0321/rohil, Perwakilan Polsek Bangko, Datuk penghulu Bagan Jawa Pesisir Taufik Basiroen, dan undangan lainnya. (Hr/ Lbr)

Wabup Rohil Lantik Markasim Sebagai Penghulu Bagan Jawa 3