Pekerjaan Box Cover Desa Sungai Nibung Yang Terbengkalai Di nilai Membahayakan Keselamatan Masyarakat

Pekerjaan Box Cover Desa Sungai Nibung Yang Terbengkalai Di nilai Membahayakan Keselamatan Masyarakat 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Masyarakat di Desa Sungai Nibung Kecamatan Siak Kecil mengeluhkan adanya pekerjaan Box Cover anggaran th 2020 yang tidak selesai dan tidak memasang rambu-rambu keselamatan Jalan(25-01-2021)

Pekerjaan tersebut dilaksanakan di salah satu jalan di Dusun Harapan Baru, Desa Sungai Nibung, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis.

Hal tersebut di sampaikan oleh salah seorang warga tempatan kepada awak media, melalui aplikasi berbagi pesan WhatsApp, Kamis, 21 Januari 2021.

Menanggapi laporan tersebut, awak media beserta rekan dari media lainnya melakukan pengecekan lansung di lapangan dan mendapati bahwa pekerjaan Box Cover tersebut memang belum selesai. Bahkan terkesan dibiarkan tanpa ada rambu-rambu keselamatan yang dipasang.

Dikatakan oleh Iwan, salah seorang perangkat Desa Sungai Nibung yang bertindak sebagai Pelaksana Kegiatan AnggaranĀ  (PKA), pekerjaan tersebut memang belum selesai. dengan Alasannya, berdasarkan ketentuan, semua pekerjaan desa harus dihentikan pada tanggal 20 Desember 2020 yang lalu.

Sementara itu, sambungnya, pekerjaan dimulai pada tanggal 10 Desember 2020 dengan besar anggaran sekitar Rp.57 juta dan waktu pelaksanaan berkisar 30 s/d 60 hari kalender.

“Kami laksanakan pekerjaan pada tanggal 10 Desember 2020. Karena berdasarkan ketentuan semua pekerjaan desa harus dihentikan pada tanggal 20 Desember, maka pelaksanaan pekerjaan Box Cover tersebut kami hentikan dan akan dilanjutkan sekitar tanggal 25 Januari 2021,” ujarnya.

Adapun mengenai anggaran biaya yang sudah dicairkan, disilpakan untuk dicairkan kembali pada tanggal 25 Januari mendatang.

Saat ditanya terkait plank pekerjaan yang tidak ada, ia menjawab bahwa plank pekerjaan sudah ada dan sudah diserahkan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK), akan tetapi tidak dipasang.

“Itu bukan kesalahan kami bang, kami sudah serahkan plank pekerjaan kepada Tim Pelaksana Kegiatan (TPK) untuk dipasang namun tidak dipasangnya,” terangnya.

Selanjutnya, saat ditanya awak media terkait Keselamatan, Kesehatan Kerja Lindungan dan Lingkungan (K3LL) pada pekerjaan tersebut, ia mengakui tidak ada rambu-rambu keselamatan yang dipasang.

“Kami pasang papan saja Bang dan tanda panah pada sepotong triplek sebagai tanda pengalihan jalan. Tidak ada rambu-rambu keselamatan lainnya,” paparnya.

Menanggapi hal tersebut, seorang warga tempatan mengatakan bahwa dirinya hampir terjatuh ke dalam lubang Box Cover saat melewatinya di malam hari.

“Saya hampir masuk lubang Pak waktu lewat malam-malam. Saya tidak lihat kalau jalan sedang digali,” ujarnya menerangkan.

Ia berharap, Pemerintah Desa Sungai Nibung lebih memperhatikan aspek keselamatan masyarakatnya dalam setiap pekerjaan desa yang dilaksanakan.

“Saya berharap, Pemerintah Desa Sungai Nibung agar memasang rambu-rambu keselamatan dalam setiap pekerjaan yang dilakukan, apalagi pekerjaan Box Cover yang membelah jalan seperti ini,” pungkasnya.(J)

Pekerjaan Box Cover Desa Sungai Nibung Yang Terbengkalai Di nilai Membahayakan Keselamatan Masyarakat 3