Pererat Silaturahmi, Danlanal Dumai Kunker ke Pemkab Bengkalis

Pererat Silaturahmi, Danlanal Dumai Kunker ke Pemkab Bengkalis 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Guna mempererat tali silaturahmi antara Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Dumai dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, Komandan Lanal (Danlanal) Kolonel Laut (P) Himawan, MMSMC melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Pemkab Bengkalis.

Dalam kunkernya ke wilayah berjuluk Negeri Junjungan, kegiatan orang nomor satu di Lanal Dumai itu, diawali dengan ramah tamah.

Ramah tamah digelar Wisma Daerah Sri Mahkota, dihadiri oleh Sekretaris Daerah, H Bustami HY bersama sejumlah Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bengkalis, Senin malam, 18 Januari 2021.

Diantaranya Ketua DPRD Bengkalis, H Khairul Umam, Kapolres Bengkalis AKBP Hendra Gunawan SIK, Dandim 0303/Bengkalis Letkol Inf Lizardo Gumay.

Kemudian, juga hadir Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis Nanik Kushartanti dan Ketua Pengadilan Negeri Bengkalis Rudi Ananta Wijaya.

Mengawali sambutannya, Danlanal Himawan mengakui baru pertama kali menginjakan kakinya di Bengkalis, dirinya begitu terkesan dengan sambutan hangat dari Pemkab Bengkalis.

Selain itu, karena Bengkalis merupakan wilayah kerja Lanal Dumai, maka komandan yang dilantik 30 Mei 2020 silam itu berharap kerjasama yang sudah terjalin baik sebelumnya, bisa ditingkatkan lagi.

“Wilayah kerja kami terbentang dari Panipahan sampai Tembilahan, termasuk didalamnya Bengkalis yang memiliki wilayah strategis karena berdekatan dengan Selat Malaka, serta berbatasan langsung dengan Malaysia,” ujarnya.

Oleh karena itu, sambungnya, sebagai guna mempermudah tugas kerja Lanal Dumai, khusus di Bengkalis telah dibangun 22 pos. Salah satunya pos pengamatan TNI Angkatan Laut di Bantan Tengah, yang rencananya akan di resmikan esok, Selasa 19 Januari 2021.

“Ada dua pos di Bengkalis ini yang memiliki peran strategis, yakni pos di Muntai Kecamatan Bantan dan di Tanjung Medang, Rupat Utara,” papar Danlanal.

Pos Muntai karena dilengkapi radar guna memantau pergerakan kapal-kapal di Selat Malaka, sedangkan pos Tanjung Medang dirasa efektif dalam menangkal peredaran narkoba lintas negara, terbukti pihak Lanal Dumai beberapa kali telah berhasil menggagalkan penyelundupan narkoba.

Sementara itu, mewakili Pemkab Bengkalis, Sekda H Bustami HY dalam sambutannya mengucapkan selamat datang di Bengkalis.

“Selamat datang di Bengkalis, semoga bapak beserta rombongan merasa betah dan nyaman. Hubungan baik yang selama ini telah terjalin, semoga kedepannya bisa lebih ditingkatkan lagi,” pungkasnya. (Re/ Lbr)

Pererat Silaturahmi, Danlanal Dumai Kunker ke Pemkab Bengkalis 3