Rakor Dengan Wagubri, Pemkab Rohul Siap Laksanakan Vaksinasi Covid 19

Rakor Dengan Wagubri, Pemkab Rohul Siap Laksanakan Vaksinasi Covid 19 2
ROHUL, lintasbarometer.com

Menjalankan program Pemerintah terkait pelaksanaan vaksinasi Covid 19 di Provinsi Riau, Pemprov Riau gelar Rapat Koordinasi (Rakor) dengan Forkompinda Riau dan Bupati/Walikota, dipimpin Wakil Gubernur Riau H. Edy Natar Nasution secara virtual.

Rakor untuk membahas rencana pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di daerah, serta pengetatkan protokol kesehatan (Prokes), Senin (11/1/2021).

Pemkab Rohul dalam rakor itu dipimpin Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, dihadiri Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Ketua DPRD Rohul Novliwanda Ade Putra, Kadis Kominfo Drs.Yusmar M.Si dan Kadiskes dr Bambang Triono, di Pendopo Rumdis Bupati Rohul.

Dalam Vicon itu, Wagubri menyampaikan bahwa rakor tersebut terkait meneruskan informasi serta arahan yang telah diterima dari Presiden RI Joko Widodo dan Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) terkait vaksinasi di pusat dan daerah serta pengetatan prokes.

“Rakor untuk meneruskan apa yang telah kita terima dari bapak Presiden dan Menko Manves, serta Mendagri beberapa hari belakangan memberikan arahan kepada ke 34 gubernur,” kata Wagubri.

Terkait vaksinasi, Wagubri, akan dilakukan perdana vaksinasi Covid-19 pada 13 Januari 2021 mendatang di tingkat pusat. Dimana vaksinasi dimulai dengan Presiden RI Jokowi bersama beberapa tokoh lainnya.

Ke masing-masing daerah di tingkat provinsi kata Wagubri, untuk melaksanakan vaksinasi serentak pada tanggal 14 hingga 15 Januari 2021 mendatang, namun menunggu izin dari BPOM terkait pelaksanaan di daerah.

Sekda Rohul H. Abdul Haris mengatakan, sesuai arahan dari Wagubri, Pemkab Rohul sudah siap melaksanakan Program Pemerintah terkait Pelaksanaan Vaksinasi Covid 19, bahkan Diskes Rohul sudah melakukan simulasi pemberian vaksisnasi di Rohul.

“Untuk di Rohul, kita juga sudah mendapat informasi dan arahan dari Pak Wagubri. Pemkab akan ikut bersama-sama laksanakan program Pemerintah pelaksanaan Vaksinasi secara bersamaan. Nanti pada 13 Januari 2021 tingkat Pusat, di daerah dilaksanakna tanggal 14 Januari 2021,” sebut Sekda

Terkait persiapan Vaksinasi di Rohul, diakui Sekda, saat ini Pemkab Rohul sudah menyiapkan fasilitas kesehatan dan tempat pelaksanaan vaksinasi di Puskesmas Rambah 1 Pasir Pangaraian.

“Jita juga sudah memiliki petugas yang siap untuk pelaksanaan vaksinasi, baik untuk petugas vaksinasi maupun petugas yang akan memberikan pelayanan terhadap beberapa hal saat vaksinaasi tersebut baik skreening, maupin pelayanan lainnya terkait vaksinasi,” ucap Sekda

Sekda mengaku, Rohuk secara umum sudah siap melaksanakan vaksinasi Civid 19 sesuai program Pemerintah. Sebanyak 10 orang termasuk pejabat publik seperti dari Pemkab, Kepolisian dan Forkompinda, organisasi Kemasyarakatan akan dilakukan vaksinasi.

“Untuk pelayanan publik juga dilanjutkan, setelah itu nanti pertama Petugas Kesehatan, kita juga sudah siapkan untuk tahap pertama nanti ada sekitar 500 vaksin yang kita terima nanti akan dimanfaatkan petugas kesehatan selain dari pejabat Publik sebagai penerima pertama, bahwa vaksin ini memang aman untuk dilakukan Vaksinasi,” katanya menambahkan. (RD/ Lbr)

Rakor Dengan Wagubri, Pemkab Rohul Siap Laksanakan Vaksinasi Covid 19 3