5 Wisata Bahari Pulau Rupat, Bisa Jadi Pilihan Berlibur Bareng Keluarga

5 Wisata Bahari Pulau Rupat, Bisa Jadi Pilihan Berlibur Bareng Keluarga 2

RUPAT, lintasbarometer.com

Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis menyimpan keindahan pesona alam bahari. Kawasan ini menjadi pilihan yang tepat buat para pelancong untuk berlibur akhir pekan bersama kerabat maupun keluarga.

Di sana, terdapat berbagai tempat wisata pantai dan gugusan pulau kecil yang dapat memanjakan diri wisatawan. Pesona pantai yang membentang ke arah Selat Malaka menambah keeksotisan kekayaan alam yang dimiliki.

Berkunjung Pulau Rupat, pengunjung dapat melewati jalur darat. Jika dari Pekanbaru, para pelancong bisa langsung menuju ke Pelabuhan Dumai dan menyeberang menggunakan kapal roll on roll off (Ro-Ro).

Sejak ada tol Pekanbaru-Dumai, akses ke Pulau yang bersempadan dengan Negeri Jiran tersebut tidaklah sejauh yang dibayangkan lagi.

Jika sampai di sana, pelancong langsung dapat mengunjungi beragam wisata alam bahari yang menyuguhkan pesona alam memukau.

Berikut SuaraRiau.id rangkum beberapa tempat rekomended buat wisatawan yang wajib kunjungi:

1. Pulau Beting Aceh

Pulau ini punya pesona alam yang luar biasa. Jika di Yogyakarta ada Pasir Berbisik di Gumuk Pasir Parangkusumo, maka di Riau di sinilah tempatnya. Pantainya yang berpasir putih akan mengeluarkan suara berderit ketika diinjak atau disentuh tangan, orang-orang menyebutnya Pasir Berbisik.

Pulau Beting Aceh berada di Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis. Tempat ini merupakan berandanya Indonesia yang berada di hamparan Selat Melaka.

Pulau kecil dengan luas sekitar 2 hektar tersebut sangat menarik, memiliki hamparan pasir putih membentang di antara laut yang berwarna kebiruan. Di tengah pulau juga terlihat deretan pohon cemara laut berjejer.

Jika berkunjung ke sana, sebaiknya di waktu sore hari. Lantaran di sana bisa melihat atraksi burung migran yang melintasi pulau, jumlahnya ratusan hingga ribuan.

Selain pasir yang putih bersih, juga bisa melihat pasir pantai yang bentuknya seperti ukiran dan terlihat semakin cantik di bawah genangan air laut yang bersih. Namun untuk sampai ke sini, pengunjung harus menyeberang lagi menggunakan perahu yang disediakan warga sekitar dari dermaga penyeberangan di Rupat.

2. Pantai Ketapang

Berada di Desa Sungai Cingam, Kecamatan Rupat, pantai ini juga menjadi destinasi favorit bagi kalangan wisawatan. Lantaran aksesnya yang tidak terlalu jauh dari pemukiman penduduk.

Di Pantai Ketapang, para pelancong dapat melihat langsung pemandangan eksotis yang dimiliki. Seiring berjalan waktu, tempat wisata tersebut juga terus bersolek untuk memperindah anugerah Tuhan berupa alam yang disuguhkan ini, pemerintah setempat punya andil besar dalam memajukan sektor pariwisata di sini.

Tak hanya hamparan pantai saja, di Pantai Ketapang juga banyak spot untuk berfoto-foto. Sejak 2018, lokasi wisata itu sudah mulai dibenahi dan menjadi lebih menawan saat ini.

3. Pantai Tanjung Medang

Lain hal lagi dengan Pantai Tanjung Medang yang berada di Kecamatan Rupat Utara, keunikan dari pantai ini dapat langsung terlihat pada panjangnya pesisir pantai yang mencapai sekitar 11 kilometer dan juga lebar 30 meter. Pantai ini jika dari kejauhan seolah seperti gurun pasir, namun ada hal-hal menarik yang ditawarkan oleh destinasi ini.

Jika sudah berkunjung ke Pulau Rupat, pengunjung harus mencoba mengeksplor tempat wisata ini. Biasanya, beberapa klub-klub mobil sering berkunjung ke destinasi satu ini, karena para anggota klub tersebut sering mengambil momen keindahan pantai tersebut dengan memarkirkan kendaraannya secara berjejer di tepian pantai dan di foto lewat udara.

4. Pantai Teluk Rhu

Masih di Rupat Utara, ada satu lagi pesona alam yang tak kalah menawan yaitu Pantai Teluk Rhu, lokasi ini merupakan salah satu destinasi favorit bagi para pelancong.

Di sana terdapat hamparan pasir yang lebar seperti yang dimiliki Pantai Tanjung Medang. Kawasan ini menjadi pilihan tepat untuk berlibur dan mengisi waktu luang bersama keluarga.

Jika berkunjung ke sana, ada banyak pesona yang dapat memanjakan anda. Salah satunya adalah garis pantai yang panjang sekitar 13 kilometer membentang dari arah barat ke timur bisa menjadi pilihan tepat untuk jalan santai maupun bersepeda.

5. Pantai Tanjung Lapin

Pantai yang satu ini tak kalah menawan, yaitu Pantai Tanjung Lapin, lokasi ini kerap kali dijadikan sebagai tempat pelaksanaan momen-momen tertentu. Seperti ritual budaya mandi safar hingga acara pesta pantai lainnya.

Ribuan wisatawan lokal setiap tahunnya memadati Pantai Tanjung Lapin, yang berada di Desa Tanjung Punak, Kecamatan Rupat Utara, Kabupaten Bengkalis ini.

Namun karena pandemi Covid-19 yang belum usai, 2020 kemarin acara mandi safar dan festival budaya lainnya sementara waktu di tiadakan. Di wilayah pantai ini juga setiap tahunnya diadakan acara lomba perahu Jong, gasing dan layang-layang.

Nah, itulah beberapa tempat destinasi wisata yang wajib dikunjungi jika berada di salah satu pulau terluar Indonesia tersebut.

Untuk meningkatkan sektor pariwisata, Pemkab Bengkalis kini sedang gencar mengupayakan program pengembangan wisata bahari dengan berbagai sarana penunjang seperti listrik, air bersih hingga keberadaan kamar mandi umum atau toilet dan penambahan gazebo. Terutama di Pantai Tanjung Lapin dan Teluk Rhu. (Suara)

5 Wisata Bahari Pulau Rupat, Bisa Jadi Pilihan Berlibur Bareng Keluarga 3