Cara Pemprov Riau ‘Kebut’ APBD Riau 2021

Cara Pemprov Riau ‘Kebut’ APBD Riau 2021 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Plh Setdaprov Riau Masrul Kasmy meminta kepada setiap OPD sesegera mungkin menyiapkan dokumen lelang untuk kegiatan di APBD Riau 2021. Langkah ini diklaim sebagai salah satu cara untuk ‘kebut’ realisasi APBD Riau di tahun depan.

“Kedepan, agar kegiatan di Pemprov Riau jangan sampai ada yang tak terlaksana akibat keterlambatan lelang. Masalah seperti ini selalu menjadi catatan dalam realisasi anggaran di tahun-tahun sebelumnya,” katanya.

Persiapan dokumen-dokumen pendukung legalitas lainnya, kata Masrul Kasmy, tak hanya untuk memaksimalkan realisasi APBD 2021, tapi juga untuk anggaran lain yang bersumber dari negara, diantaranya Dana Alokasi Khusus [DAK]. Jika tidak, dia menyebut, “Sama saja kita masuk dalam lubang yang sama [keterlambatan lelang].”

Pemprov Riau dalam waktu dekat akan mengadakan pertemuan secara intensif dengan menghadirkan pimpinan OPD di lingkungan Pemprov Riau untuk melakukan evaluasi persiapan lelang. Salah satu pembahasan penting tentu saja soal kesiapan dokumen-dokumen untuk mendukung itu.

Menurutnya, langkah evaluasi harus memutuskan hasil yang efektif untuk mengatasi kendala-kendala yang selama ini menghambat percepatan realisasi APBD Riau. Misalnya persoalan pertama harus selesai seperti lelang.

“Dengan evaluasi kita tau apa persoalannya kenapa bisa lambat lelang. Apakah karena panitia lelang belum dibentuk. Kita minta segera dibentuk. Lelang ini yang kita kejar dari awal,” terangnya. (BP/ Lbr)

Cara Pemprov Riau ‘Kebut’ APBD Riau 2021 3