Tak Bawa Hasil Rapid Test Antigen, Ribuan Kendaraaan Wisatawan ke Puncak Bogor Putar Balik

Tak Bawa Hasil Rapid Test Antigen, Ribuan Kendaraaan Wisatawan ke Puncak Bogor Putar Balik 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Ribuan kendaraan wisatawan yang hendak berkunjung ke Puncak Bogor diputar balik di kawasan simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Kamis (24/12/2020). Para wisatawan ini diminta kembali karena tidak membawa hasil rapid test antigen .

Penerapan wajib membawa hasil rapid test antigen itu sesuai dengan seruan Bupati Bogor terhitung sejak 22 Desember 2020. Langkah tersebut sebagai antisipasi penularan COVID-19 di kawasan Puncak, khususnya saat libur Natal dan tahun baru.

Berdasarkan pantauan, razia masker dan hasil rapid test antigen itu dilakukan di kawasan Simpang Gadog, sejak pukul 08.00 WIB. Razia yang digelar gabungan personel TNI-Polri, Satpol PP dan Pemkab Bogor itu menyasar para wisatawan yang menggunakan kendaraan roda empat.

Satu per satu kendaraan yang datang dari arah Jakarta menuju Puncak, dihentikan tepat di depan Masjid Harakatul Jannah, Gadog. Hampir sebagian besar, para pengendara tak bisa menunjukan hasil rapid test antigen.Bagi wisatawan yang tak bisa menunjukan hasil rapid test antigen diminta putar balik atau mengikuti rapid test antigen di Check Point Posko COVID-19 yang sudah disediakan di halaman parkir Masjid Harakatul Jannah.Sementara itu, berdasarkan pantauan arus lalu lintas di kawasan Puncak, akibat adanya razia masker dan rapid test antigen membuat ribuan kendaraan mengantre sepanjang 2 kilometer.”Ya mau bagaimana lagi kita sudah booking hotel dan ada rencana mau wisata sama keluarga ke Taman Safari. Tapi karena memang belum sempat periksa, mau nggak mau ikut rapid test antigen di sini,” ungkap Rahman (45) warga Depok, Jawa Barat saat ditemui di sela-sela antrean posko COVID-19 Gadog.Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bogor Agus Ridhallah menegaskan, pihaknya tidak akan mentoleransi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Puncak. “Kita tindak tegas bagi mereka yang tak membawa hasil pemeriksaan rapid test antigen. Kalau mau lanjutkan ke Puncak, silakan ikut rapid test antigen di posko COVID-19,” ujarnya.Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat, jika memang hendak berwisata ke Puncak, dari rumah sudah dipersiapkan. “Tapi kalau mau pemeriksaan rapid test antigen silahkan disini (Posko COVID-19), tapi kalau di sini sebetulnya terbatas, jadi tidak semua boleh masuk mengikuti rapid test antigen di sini,” ungkapnya. (Sindonews)

Tak Bawa Hasil Rapid Test Antigen, Ribuan Kendaraaan Wisatawan ke Puncak Bogor Putar Balik 3