Operasi Lilin Pengamanan Perayaan Nataru di Riau Terjunkan 1200 Tim Gabungan

Operasi Lilin Pengamanan Perayaan Nataru di Riau Terjunkan 1200 Tim Gabungan 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Kepolisian Daerah (Polda) Riau, bersama TNI dan unsur terkait menggelar patroli berskala besar dengan tema Operasi Lilin Lancang Kuning 2020. Kegiatan ini dalam rangka pengamanan (PAM) menyambut perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru), Senin (21/12/2020).

Tanda dimulainya operasi Lilin 2020 ini, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, menggelar apel pasukan di halaman kantor barunya Mapolda Riau, Jalan Pattimura yang dihadiri seluruh personel TNI, Satpol PP dan Forkopimda Riau.

Agung mengatakan, operasi Lilin Lancang Kuning 2020 ini, tujuannya untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, serta menciptakan rasa aman dalam rangka perayaan Natal dan Tahun Baru di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

“Untuk perayaan kali ini, kita lakukan operasi berskala besar melibatkan segala unsur pihak, Polri dan TNI agar tetap menjaga kondisi daerah kita aman dan nyaman. Terlebih saat perayaan Natal dan tahun baru nanti,” kata Agung usai gelar pasukan.

Sementara jumlah personel gabungan yang ikut dilibatkan dalam operasi Lilin Lancang Kuning 2020 ini, kata Agung sekitar ribuan personel aparat dari kepolisian dan TNI serta segenap pihak pemerintah.

“Untuk jumlah personel tim gabungan ini ada sebanyak 1200 orang dari Polri dan TNI. Tim gabungan ini gunanya untuk pengamanan di wilayah Riau saat masyarakat yang akan melakukan perayaan Natal dan tahun baru,” sambung Agung.

Manurut Agung, pengamana yang dilakukan tesebut untuk menekan jumlah angka kejahatan di lingkungan masyarakat dan unsur gangguan kejahatan Kamtibmas. Meski demikian, pihaknya juga akan menerapkan aturan protokol kesehatan.

“Kita mengantisipasi menekan angka ganggguan Kamtibmas di tengah masyarakat. Tapi saat perayaan Natal ini tepat ikuti aturan protokol kesehatan agar tidak terjadi tambahan faktor baru penularan penyakit,” terang Agung.

Agung berharap, untuk dapat saling kerjasama seluruh masyarakat untuk pelaksanaan perayaan Natal dan Tahun Baru agar tetap aman. (Hr/ Lbr)

Operasi Lilin Pengamanan Perayaan Nataru di Riau Terjunkan 1200 Tim Gabungan 3