Di Masa Pandemi Covid 19, BAZNas Salurkan Rp120 Juta Kepada 480 Guru Ngaji di 16 Kecamatan se-Rohul

Rokan Hulu7504 Dilihat
banner 468x60

ROHUL, lintasbarometer.com

banner 336x280

Dimasa Pandemi Covid 19, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNas) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) salurkan bantuan Rp130 juta kepada 480 guru ngaji se Rohul.

Bantuan disalurkan BAZNas Rohul kepada 480 guru ngaji, dari Zakat yang dihimpun melalui Asnaf Fisabillah. Setiap 1 kecamatan dibantu untuk 30 guru ngaji, yang masing masing guru ngaji dibantu Ro250 ribu.

Bantuan guru ngaji, secara simbolis diserahkan Kepala Kantor Kementrian Agama (Kakan Kemenag) Rohul Drs H.Syahrudin.M.Sy, didampingi Ketua BAZNas Rohul Armen.ZA, Komisioner BANas Rohul H.Tarmizi, Kepala KUA Rambah, di Sekretariat KUA Rambah, Selasa (15/23/2020).

Kakan Kemenag Rohul Syahrudin berpesan kepada perwakilan guru ngaji penerima bantuan, bantuan yang diterima walaupun kecil namun bila dimanfaatkan dengan baik akan bermanfaat.

“Saya berharap, bantuan bisa dimanfaatkan untuk peningkatan murid dalam membaca Al Quran. Selain peningkatan baca Al Quran, saya juga

berharap agar guru ngaji juga harus dibina akhlak anak didiknya,” ungkap Kakan Kemenag Rohul.

Apalagi jelas Syahrudin, dengan waktu jam pelajaran agama yang sedikit dan kini sistim daring, sehingga guru ngaji agar bisa berikan pembinaan akhlak anak anak didik.

Sementara itu, Ketua BAZNas Rohul Armen ZA menyatakan, guru ngaji yang mendapatkan bantuan walaupun jumlahnya tidak besar, namun diharapkan bisa dimanfaatkan dengan baik.

“Kita berharap, bantuan Rp250 ribu per guru ngaji untuk 480 guru ngaji se Rohul, nantinya dapat membantu guru ngaji. Karena baru besaran itulah yang bisa disalurkan BAZNas Rohul tahun ini, kita berharap kedepannya bantuan bisa lebih meningkat lagi,” sebut Armen ZA.

Bantuan guru ngaji, disalurkan dari asnaf Fisabilillah. Tahap awal disalurkan untuk 30 guru ngaji di tingkat kecamatan. Sedangkan guru ngaji di 15 kecamatan lainnya, nantinya kata Armen ZA akan disalurkan langsung komisioener BAZNas Rohul.

“Tahun ini kita baru bisa bantu 30 guru ngaji per kecamaran di Rohul, dan semula anggaran untuk guru MDra namun anggaran bantuan dimanfaatkan untuknbantuan Covid 19 sehingga kita pilih bantuan bagi guru ngaji,” terang Armen.

Diakui Armen, hingga saat ini realisasi penerimaan zakat yang dihimpun BAZNas Rohu sudah capai sekitar Rp4 miliar hingga November 2020 dari target tahun ini Rp4,5 miliar. Namun Aremen optimis hingga akhir 2020 realisasi itu bisa tercapai.

Sebut Armen lagi, hingga kini potensi penerimaan zakat terbesar masih dari ASN di Pemkab Rohul hingga 95 persen. Kemudian penerimaan zakat dari perusahaan yang baru aktif penyaluran zakatnya dari PTPN V antara Rp27 juta hingga Rp30 juta setiap bulannya. Zakat pribadi juga dari perorangan, pedagang. (H.nst/Awi)

banner 336x280