Realisasi Anggaran 346 Daerah Masih di Bawah 75 Persen, Kemendagri Dorong Percepatan

Realisasi Anggaran 346 Daerah Masih di Bawah 75 Persen, Kemendagri Dorong Percepatan 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Mochamad Ardian mengungkap masih ada 346 daerah yang realisasi anggarannya masih di bawah 75 persen. Oleh sebab itu Kemendagri menilai perlu adanya percepatan realisasi anggaran yang optimal di 346 daerah tersebut.

Hal tersebut disampaikan Ardian mengingat tahun anggaran 2020 segera berakhir. Dia pun mengingatkan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk melakukan langkah percepatan yang strategis.

“Bahkan teman-teman di Papua biasanya tanggal 18 Desember sudah cuti bersama, ini perlu disusun langkah-langkah strategis agar proses realisasi anggaran di tahun 2020 setidaknya bisa pada angka yang optimal,” katanya dikutip dari keterangan pers Puspen Kemendagri, Rabu (16/12/2020).

Ardian menyebut daerah dengan penyerapan terendah yakni Mamberamo Raya hanya 44,62 persen. Selanjutnya, anggaran belanja terendah diikuti oleh Kota Sorong, Mappi, Pangandaran, Karo, Tapanuli Utara, Aceh Timur, Supiori, Nagekeo, Konawe, Jayapura, Kepulauan Yapen, Nias Selatan, Puncak Jaya, Nabire, Berau, Mahakam Ulu, dan seterusnya.

Sebelumnya pada awal Desember, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh jajaran di pemerintahan untuk berkonsentrasi pada realisasi anggaran tahun 2020.

“Ini tinggal kurang lebih tiga minggu.Praktis tinggal tiga minggu. Jadi semuanya saya minta konsentrasi kepada yang namanya realisasi belanja 2020,” tuturnya. (Inews)

Realisasi Anggaran 346 Daerah Masih di Bawah 75 Persen, Kemendagri Dorong Percepatan 3