DIPA Pemprov Riau 2021 Turun Sebesar Rp400 Miliar

Pekanbaru8802 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Provinsi Riau telah menerima Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA), kementerian/lembaga, buku besar transfer ke daerah, dan Dana Desa untuk tahun 2021, dari Presiden Joko Widodo, Rabu (25/11/2020) secara virtual.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, untuk informasi besarnya DIPA yang diterima oleh provinsi, ada di Kanwil Perbendaharaan Riau, Kementerian Keuangan.

Data yang diterima Awak media DIPA khusus Pemprov Riau tahun 2021 mengalami penurunan hingga Rp400 miliar lebih. Untuk tahun 2021, DIPA Pemprov Riau yang diterima sebanyak Rp4.821.512.278.000, mengalami penurunan jika dibandingkan tahun 2020 sebesar Rp5,2 triliun.

Gubri mengatakan, pihaknya telah menerima DIPA Pemprov Riau dan Kabupaten Kota serta kementrian/lembaga. Namun pihaknya belum mengetahui pasti berapa besar DIPA yang diterima Riau, karena harus menunggu informasi dari Kanwil Perbendaharaan Riau, Kementerian Keuangan.

“Kami hari ini telah menerima DIPA langsung diserahkan oleh bapak Presiden Joko Widodo. Berapa besarnya kita menunggu dari Kanwil Perbendaharaan, termasuk dana desa dan juga untuk kementerian/lembaga lainnya,” ujarnya.

Sementara itu, Karo Pembangunan Setdaprov Riau, Aryadi mengatakan, DIPA yang diterima Provinsi Riau dari Kakanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Riau, Kamis (26/11/2020) kemarin.

Untuk DIPA khusus Provinsi Riau, kata Aryadi, sebesar Rp4,8 triliun lebih. Dari data yang dimiliki pihaknya tercatat total alokasi seluruh anggaran dari APBN.

“Memang turun, tapi tidak begitu signifikan. Karena semua provinsi mengalami penurunan apalagi di masa pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Aryadi menambahkan, dana yang diterima termasuk dana transfer terdiri dari Dana Bagi Hasil (DBH), Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik Dana Alokasi Umum (DAU). Dana Insentif Daerah (DID) Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa.

“Kalau untuk kabupaten/kota langsung diterima oleh masing-masing kabupaten kota, termasuk instansi vertikal lainnya,” cakapnya. (Clh/ Lbr)

banner 336x280