Gubri Ingin Pulau Rupat Jadi KEK Pariwisata

Gubri Ingin Pulau Rupat Jadi KEK Pariwisata 2

RUPAT, lintasbarometer.com

Dengan berbagai potensi keindahan alam dan kekayaan kearifan lokal yang ada di Pulau Rupat, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar berharap ke depannya Pulau Rupat bisa menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata.

Hal ini disampaikannya dalam kunjungan kerjanya ke Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis, Jumat (6/11/2020).

“Rupat ini pulau masa depan. Diharapkan menjadi Kawasan Ekonomi Khusus bidang pariwisata. Di sini ada Pantai Teluk Rhu dengan panjang lebih kurang 22 km. Sekarang juga ada Latihan berkuda. Di tempat ini direncanakan juga akan digelar triathlon,” papar Gubri usai meninjau pelaksanaan pembangunan turap penahan abrasi di pantai Teluk Rhu.

Sementara itu, terkait kondisi jalan yang masih banyak rusak di Rupat ini, Gubri mengatakan tengah diupayakan bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis untuk memperbaikinya dengan menggunakan anggaran dari pusat.

“Tadi kan kita juga sudah meminta dengan Balai Jalan Kementerian PUPR yang ikut bersama kita. Sekarang mereka sedang survey tentang jalan yang kita usulkan. Semoga nanti dapat direstui oleh Menteri PU,” harapnya

Mengutip mediacenterriau, Gubri juga menyinggung tentang rencana pembangunan dermaga Ro-ro satu lagi untuk mengatasi waktu tunggu dan antrian panjang di feri penyeberangan yang menghubungkan Dumai dengan Pulau Rupat.

“Tadi sudah didiskusikan dengan Pj Bupati, saat ini Bengkalis tengah menyiapkan DED untuk pembuatan pelabuhan roro satu lagi. Nanti Pemprov tinggal menyesuaikan. Karena nanti di sisi Dumainya akan dibangun oleh Provinsi. Dan di Rupat karena menjadi aset kabupaten, akan dibangun oleh Pemkab Bengkalis,” lanjutnya.

Dengan adanya berbagai upaya ini, maka Gubri berharap dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di pulau yang masih termasuk kawasan 3T (Terluar, Terdepan dan Tertinggal). (Hr/ Lbr)

Gubri Ingin Pulau Rupat Jadi KEK Pariwisata 3