Kades Sontang Memang Luar Biasa Kucurkan Dana Swadaya Rp 3 M Demi Perbaikan Jalinprov Sepanjabg 1 KM Yang Rusak

Kades Sontang Memang Luar Biasa Kucurkan Dana Swadaya Rp 3 M Demi Perbaikan Jalinprov Sepanjabg 1 KM Yang Rusak 2

ROHUL, lintasbarometer.com

Akibat kerusakan Jalan Lintas Provinsi (Jalinprov) Riau di Desa Sontang Kecamatan Vobai Darussalam, menghubungkan batas Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) – Duri Kabupaten Bengkalis aktifitas kendaraan bermotor terganggu.

Melihat kerusakan Jalinprov Riau yang sudah berlangsung lama, membuat sosok Kepala Desa (Kades) Sontang yang juga Ketua Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Rohul Zulfahrianto.SE, peduli untuk memperbaikinya.

Dengan melakukan penimbunan tanah bes yang dibeli dan diangkut dari Pasir Pangaraian, jalan sepanjang sekitar 1 yang rusak kini sudah mulai diperbaiki, walaupun Zulfahrianto harus mengeluarkan dana swadaya mencapai sekitar Rp3 miliar.

“Ini upaya kita membantu Pemerintah, karena saat ini Pemerintah tengah menangani Virus COVID 19, sehingga angggaran pembangunan banyak dialihkan. Harapan saya ke Gubenur dan Wakil Gubernur Riau serta Dinas PUPR juga DPRD Riau, agar langsung melihat jalan yang sudah kita perbaiki dengan swadaya,” kata Zulfahrianto yang akrab disapa Anto Sontang, Senin (2/11/2020) siang.

Perbaikan jalan yang dilakukan Kades Sontang, sebagai bentuk kepedulin Zulfahrianto karena setiap tahun dan setahun ini jalan tersebut rusak parah tidak bisa dilalui masyarakat untuk mengeluarkan hasil berbagai ekonomi madyarakat. Meski ada Pemprov Riau dan Kabupaten Rohul melalui Dinas PUPR ada juga perbaikan.

Kades Sontang Zulfahrianto mengatakan, yang diperbaiki jalan Lintas Provinsi Riau sekitar 1 Km, karena kiri kanan jalan rawa, sehingga penimbunan jalan tersebut ada yang dua dan tiga meter tinggi timbunan bes nya dan diratakan pakai gleader dan juga pengerasan dengan bomak.

“Sekitar 1 Km jalan rusak kita timbun tanah bes, itu untuk membantu masyarakat agar bisa lewat bawa hasil ekonominya.Kita minta perusaha’an yang mobilnya melintas, jangan hanya lewat saja. Namun pikirkan untuk membantu perbaikan jalan meski ini tanggung jawab pemerintah, namun kita harus peduli,” tegas Anto Sontang.

Sebelumnya diketahui, Jalinprov Sontang-Duri diakui Ka UPT Wilayah I Siand PUPR Riau Heri Ikhsan mengakuu ditahun ini sudah dilakukan perbaikan namun tidak bisa ditanggulangi, karena angggaran terbatas akibat COVID 19, hanya untuk pemeliharaan dan tahun ini jalan di Desa Sontang sudah masuk dalam perencanaan pada tahun 2021 kedepan dilanjutkan pembangunannya.

“Jalan Lintas Bonai Darussalam sudah masuk dalam program perencanaan Bina Marga untuk perencanaan pembangunan jalan harus secara konverhensif, sebab kiri kanan jalan rawa dan ada sungai lagi dan tahun 2021pembangunannya dilanjutkan,” ucapnya. (Rd/ Lbr)

Kades Sontang Memang Luar Biasa Kucurkan Dana Swadaya Rp 3 M Demi Perbaikan Jalinprov Sepanjabg 1 KM Yang Rusak 3