Hindari Tindak Asusila Pada Anak Kapolres Berpesan Pengawasan Orang Tua dan Masyarakat Sangat Penting

Hindari Tindak Asusila Pada Anak Kapolres Berpesan Pengawasan Orang Tua dan Masyarakat Sangat Penting 2
ROHUL, lintasbarometer.com

Mencegah agar tidak terjadinya tindak asusila atau pelecehan seksual terhadap anak di bawah umur yang terus saja terjadi di Negeri Seribu Suluk, peran orang tua dan masyarakat sangat besar serta penting agar terhindarnya aksi tindak asusila ke anak.

Itu diakui Kapolres Rohul AKBP Taufiq Lukman Nurhidayat, Minggu (1/11/2020) pagi, saat silaturrahmi dan ngopi bareng di warkop Bang Gondrong Kelurahan Pasir Pangaraian, Kecamatan Rambah bersama masyarakat dan sejumlah wartawan.

Didampingi Kabag Ops Polres Rohul Kompol Jhon Firdaus, Kasat Binmas AKP Hermawan serta sejumlah Personel Polres Rohul lainnya, Kapolres menyeruput kopi sambil becanda, namun juga memberikan penyampaian terkait protokol kesehatan, serta program Polres lainnya.

“Jadi peran orang tua dan lingkungan masyarakat, sangat berperan penting mengawasi anak anak, terutama pergaulan mereka sehari hari. Kemudian orang tua juga harus memantau anaknya terutama bila menggunakan android, karena mereka kini dengan mudah menonton, mengakses apa saja di aplikasi android,” kata Kapolres.

Bahkan tambah Kapolres, banyak terjadi kasus pelecehan anak yang terjadi, karena komunikasi melalui media sosial di android, termasuk menonton film film dewasa. Sehingga hal itu berdampak terhadap anak, yang kemudian mereka tirukan.

“Sebaiknya saran Kapolres, anak harus selalu dipantau dan diawasi dalam menggunakan android, sehingga pergaulan anak tidak akan aman. Tapi bila anak bebas menggunakan android tanpa ada pengawasan, maka itu yg akan sangat membahayakan bagi si anak,” tegas Taufiq.

Taufiq menambahkan, untuk pengawasan anak dalam pergaulan agar tidak jadi korban tindak asusila, tidak akan bisa diawasi Polri. Tapi Polri dalam hal ini Polres Rohul dan jajarannya, sudah berkali kali dan rutin memberikan imbauan agar peran keluarga dan masyarakat yang mengawasi anaknya dari hal hal negatif.

“Bukan hanya tindak asusila saja, juga agar terhindar dari pergaulan bebas yang berdampak terhadap narkoba, dan hal hal lainnya,” ungkap Kapolres.

Dengan adanya kegiatan silaturrahmi Polres Rohul dan jajaran tambah Kapolres Taufiq, selain menampung masukan, pengaduan juga laporan dari masyarakat karena Polri tidak semuanya bisa menjangkau ke masyarakat luas.

“Termasuk melalui program Shalat Subuh keliling (Suling), jumat keliling (Jumling) yang kita lakukan secara rutin, kita juga menyampaikan imbauan dan edukasi ke masyarakat, baik Kamtibmas, penanggulangan COVID 19 dan hal hal lainnya. Tanpa dukungan dan peran masyarakat juga seluruh elemen, maka Polri tidak akan bisa melaksanakan tugasnya,” ucap Kapolres.(Awi)

Hindari Tindak Asusila Pada Anak Kapolres Berpesan Pengawasan Orang Tua dan Masyarakat Sangat Penting 3