Klaim Tak Kunjung Cair, Puluhan Nasabah Bumiputera Demo di Kantor Pusat

Klaim Tak Kunjung Cair, Puluhan Nasabah Bumiputera Demo di Kantor Pusat 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Puluhan nasabah atau pemegang polis PT Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera kembali menggelar demo dan aksi damai menuntut pembayaran klaim yang tak kunjung dicairkan oleh perusahaan. Ini adalah aksi kedua setelah sebelumnya menggelar aksi di Gedung DPR RI.

“Kami menuntut pembayaran klaim yang belum dibayarkan oleh perusahaan,” kata Yandra, 50 tahun, salah satu peserta aksi saat ditemui Tempodi Kantor Pusat Bumiputera, Jakarta, Rabu, 21 Oktober 2020.

Peserta aksi lain, yaitu Suta, 45 tahun, juga menuntut pembayaran klaim yang belum kunjung dicairkan oleh perusahaan. Padahal, salah satu polisnya sudah berakhir kontrak sejak September 2019. “Ini untuk biaya anak saya masuk kuliah tahun depan,” kata dia.

Sebelumnya, Bumiputera diketahui memiliki tunggakan klaim senilai Rp 5,3 triliun saat memasuki 2020. Jumlah tersebut diperkirakan akan menggelembung hingga Rp 9,6 triliun pada akhir tahun ini, dengan catatan perkiraan itu belum memperhitungkan dampak pandemi Covid-19.

Dalam aksi pertama di DPR, para pemegang polis ini sebenarnya sudah sempat diterima oleh anggota Komisi XI DPR Anis Byarwati. Tapi, saat itu Anis mengatakan bahwa pemerintah sulit melakukan intervensi langsung ke pihak Bumiputera, sebab perusahaan tersebut bukan perusahaan pelat merah.

Ini kan usaha milik bersama, bukan pelat merah. Jadi pemegang polis yang punya kepentingan,” ucap Anis. Ia mengaku sudah berkomunikasi dengan OJK dan menanyakan bagaimana duduk persoalan Bumiputera tersebut.

Adapun aksi damai hari ini sudah dimulai sejak pukul 10.00 WIB. Sebanyak lima orang perwakilan aksi sudah masuk ke Kantor Pusat Bumiputera untuk bertemu dengan manajemen perusahaan. Lima orang perwakilan ini masuk dipimpin oleh koordinator aksi, Syakur Usman.

Sampai pukul 11.30 WIB, kelima perwakilan ini masih berada di dalam gedung. Sementara, puluhan peserta aksi lainnya menunggu jawaban dari perusahaan setelah pertemuan tersebut. (Tempo)

Klaim Tak Kunjung Cair, Puluhan Nasabah Bumiputera Demo di Kantor Pusat 3