Pjs Bupati Rohul Dukung BRK Konvensional Menjadi BRK Syariah

Pjs Bupati Rohul Dukung BRK Konvensional Menjadi BRK Syariah 2

PASIR PANGARAIAN, lintasbarometer.com

Pjs Bupati Rokan Hulu (Rohul) Drs.H.Masrul Kasmy.M.Si, sangat mendukung Bank Riau Kepri (BRK) yang semula sebagai bank konvensional, menjadi BRK syariah dalam pengelolaan keuangannya

Itu disampaikan Pjs Bupati Rohul, Masrul Kasmy, Jumat (9/10/2020), usai menyerahkan hadiah BRK Bedelau berupa Grand Prixe 1 unit mobil Honda Brio termasuk 33 keping emas hasil penarikan undian oleh BRK Wilayah di Pekanbaru 11 September 2020 lalu, kepada nasabah yang terpilih di kantor BRK Cabang Pasir Pangaraian.

“Mari berlomba lomba membangun ekonomi karakyataan, sehingga nantinya dapat menabung. Mari segenap komponen ODP memulai membangun masing masing sektor, pertanian, perdagangan, perkebunan. BRI saat ini kekberdaaan menjadi pusat kegiatan ekonomi masyarakat,”  kata Pjs Bupati Masrul Kasmy.

Dikegiatan penyerahan hadiah utama BRK Bedelau berupa Grand Prixe 1 unit mobil Honda Brio termasuk 33 keping emas ke nasabah yang beruntung, dihadiri Sekda Abdul Haris, Pimpinan Cabang (Pincab) BRK Pasir Pangaraian Bobby Ferdian, Asisten I Bisman.B, Asisten II M.Ruslan, Pimpinan Seksi BRK M.Fajri.S.Sos, serta petinggi BRK lainnya.

Masrul Kasmy menambahkan, bila ptoduktifitas masyarakat sudah menghasilkan, maka masyarakat yang menabung khususnya di BRK yang merupakan bank daerah Rohul akan meningkat.

“Kita lihat, selama ini gaji ASN dari provinsi hingga kabupaten/ kota ditransfer rekening BRK. BRK sebagai bank yang sahamnya dimiliki pemerintah daerah, yang nantinya deviden di BRK kembali ke daerah. Kemudian, BRK menjadi BRK Syariah itu sudah sesuai dengan provinsi Riau yang penduduk ya mayoritas muslim, ” ucap Masrul lagi.

Kemudian kata Masrul Kasmy lagi, kedepannya karena perbankan syariah tidak menggunakan pola riba karena sistim bagi hasil dan di dalam Islam mudharabah yang seperti ini memang ternyata lebih tahan dari berbagai hal. Berharap, dengan menjadi BRK Syariah maka akan terus berkembang dan dapat membantu pemodalan masyarakat unitk melaksankaan kegiatan usaha diberbagai sektor,” harap Pjs Bupati Rohul

Pincab BRK Pasir Pangaraian Bobby Ferdian berterima kasih, atas dukungan dan suport dari Pjs Bupati dan pejabat lainnya. Kegiatan penyerahan hadiah ke nasabah, dilakukan serentak di 20 cabag BRK di Riau termasuk Pasir Pangaraian, dengan penerima hadiah undian 30 nasabah di masing masing cabang.

“Saya mewakili managemen, agar masyarakat loyal menabung di BRK ini yang merupkan Bank daerah, dsn nantinya akan diubah BRK dikonfersi menjadi Bank Syariah. Atas dukungan

provinsi kabupaten/ kota BRK daribbank koversi menjadi bank Syariah,” ucap Bobby.

Bibby berharap, melalui pembangian hadiah undian ke nasabah, itu merupakan program BRK untuk gemar menabung.

Bobby iuga mengakui, BRK sebagaj bak milik daerah nantinya akan ada deviden yang kembali masuk ke kas daerah yang digunakan untuk masyarakat. Termasuk ada bantuannl dan CSR yang diperuntukan ke masyarakat juga.

Terkait perkembangan BRK, Bobby mengakui, saat ini nasabah BRK sudah caapi 30.000 lebih sedangkan untuk pinjaman kredit, sudah menjangkau 8000 masyarakat peminjam se Rohul belum termasuk di BRK Ujung Batu.

“Dari 8000 masyarakat peminjam, sudah disalurkan capai Rp460

Rokan hulu ini sekitar 30000 lebih Pak sahabat kita untuk pinjaman kredit sekitar sekitar rp8.000 seluruh Rohul ya bukan cabang kita aja yang ada di Ujung Batu. Sedangkan dana masyarakat yang dihimimpun di BRK Cabang Pasir Pangaraian capai Rp460 miliar dan denagan dana yang sudah beredar ke masyarakat (kreditur) Rp1,2 triliun,” jelas Bobby.

Dimasa pandemi COVID 19 saat ini, Bobby mengaku memberikan kelonggaran pembayaran tunggakan angsuran kredit ke beberapa debitur sesuai aturan OJK tentang restrukturisasi kredit pandemi COVID 18. Tingkat tunggakan kreditur bayar pinjaman di Kabupaten Rohuk juga masih di bawah standar.

“Sejak 2 tahun sudah kita jalani untuk menjadi BRK Syariah, dsn seluruh karyawan juga sudah diberikan pendidikan dasar-dasar perbankan syariah juga ada tim khusus dalam proses ini di kantor pusat dan para pemegang saham yakni Gubri, Bupati/ wali kota. Kita harapkan dukungan seluru elemen dan masyarakat, agar BRK menjadi BRK syariah bisa lebih maju lagi,” harap Bobby.

Dari penarikan undian BRK Bedelau, nasabah atasnama Umzakirman yang juga Kabag Kesra Sedta Rohul beuntung terpilih sebagai penerima 1 unit mobil Honda Brio termasuk 33 keping emas hasil penarikan undian oleh BRK, juga diberikan ke nasabah yang beruntung. Secara simbolis, hadiah mobil diserahkan Pjs Bupati Rohul ke Umzakirman. (H.nst/Awi)

Pjs Bupati Rohul Dukung BRK Konvensional Menjadi BRK Syariah 3