Operasi Gabungan Kendaraan ODOL di Tol Pekanbaru-Dumai Digelar Hingga Tiga Hari Kedepan

Pekanbaru7790 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Operasi gabungan kendaraan ODOL (Over Dimensi Over Load yang akan melintas di jalur Tol Pekanbaru-Dumai, sudah digelar hingga tiga hari kedepan, dimulai hari ini, Selasa, 6 Oktober 2020, di Gerbang Tol Pekanbaru.

Branch Manager Tol Pekanbaru-Dumai Indrayana mengatakan, dalam operasi gabungan ODOL ini, pihak HK menggandeng Direktorat Lalu Lintas Polda Riau, POM TNI Angkatan Darat, POM TNI AU Provinsi Riau, Dinas Perhubungan Riau, serta Balai Pengelola Transportasi Wilayah IV.

“Operasi ini adalah operasi gabungan yang akan menertibkan setiap kendaraan bertonase melebihi kapasitas ketentuan yang akan melintas di Tol Pekanbaru-Dumai. Dalam operasi ini kami mengajak berbagai pihak terkait,” ungkapnya.

Dijelaskan operasi gabungan ODOL ini akan dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada Selasa-Kamis, 6-8 Oktober 2020. Operasi ini terpusat di Gerbang Tol Pekanbaru.

Kepala Balai Perhubungan Kementerian Perhubungan Wilayah IV Ardono menjelaskan, pada hari pertama petugas yang melakukan razia ODOL masih akan sosialisasi.

“Upaya penindakan baru akan dilakukan pada hari kedua dan ketiga. Penindakan yang akan dilakukan yakni melakukan tilang, dan mengeluarkan angkutan sesuai dengan kapasitas yang ditentukan,” ungkapnya.

Dijelaskan, razia ODOL di jalur Tol Pekanbaru-Dumai ini dibagi dalam lima tim. Adapun tim pertama bertugas untuk melakukan penyaringan, tim kedua untuk penyetopan kendaraan.

Sedang tim ketiga bertugas untuk mengatur antrean kendaraan, tim keempat melakukan penimbangan dengan timbangan portable, pada titik kelima merupakan titik penilangan.

“Di sini kan belum ada timbangan permanen, maka untuk proses penimbangan kami menyediakan timbangan portable sebanyak dua unit,” ungkapnya.

Ardono mengimbau kepada pihak perusahaan untuk selalu patuh dengan kapasitas muatan kendaraan angkutan yang telah ditentukan. Hal ini penting untuk menjaga ketahan bangunan jalan tol kedepannya.

“Kami juga akan melakukan kegiatan yang sama secara berkelanjutan. Artinya, setiap kendaraan yang akan melintas di jalur Tol Pekanbaru-Dumai, benar-benar sesuai dengan standar ketentuan berlaku,” sambungnya. (BP/ Lbr)

banner 336x280