Riau Terima Bantuan 6 Unit Alat PCR dari BNPB, Ditempatkan di Tiga Rumah Sakit

Pekanbaru2701 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah melakukan pemeriksaan kesiapan Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Riau dan RSUD Siak dan RSUD Dumai.

Pemeriksaan kesiapan itu dilakukan sebelum bantuan alat Polymerase Chain Reaction (PCR) BNPB diturunkan ke Provinsi Riau.

Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir kepada Awak media, Selasa (29/9/2020) mengatakan, alat PCR yang diperbantukan bagi Riau sebanyak 6 unit PCR.

Lebih lanjut Mimi menyampaikan, 6 unit alat PCR tersebut akan ditempat di tiga daerah, untuk menampung hasil swab di daerah terdekat. Tiga daerah tersebut adalah Kota Pekanbaru, Dumai dan Kabupaten Siak.

“Jadi kita masih menunggu kiriman alat PCR-nya dari pusat. Yang diminta ke BNPB itu ada 6 unit, 2 unit untuk RSUD Arifin Ahmad, 2 unit di Siak untuk mengakomodir Bengkalis Siak, dan Pelalawan. Kemudian 2 unit lagi di Dumai, mengakomodir Dumai, Rupat, dan Duri. Ini agar nantinya tidak menumpuk dan menunggu Biomolekuler RSUD lagi,” terangnya.

Sedangkan bagi daerah yang akan mengadakan PCR untuk menampung pasien yang mengadakan swab, sebut Mimi, saat ini masih dalam proses pengadaan, dan belum ada satupun alat PCR yang masuk ke daerah yang mengadakan pengadaan PCR.

“PCR harus ada persiapan dulu, kalau kita maunya cepat datangnya. Daerah yang punya PCR sendiri masih berproses, Inhil berproses, Dumai berproses, Pekanbaru berproses, Kampar berproses, di Rohil kabarnya mau mengadakan, Siak berproses, tapi belum ada yang operasional,” jelasnya.

Sejauh ini, tambah Mimi, seluruh kabupaten/kota mengirimkan hasil swab ke Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad, dan rumah sakit swasta yang memiliki alat PCR yang berada di Pekanbaru.

Sebelumnya Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, Pemprov Riau dalam waktu dekat ini akan mendapatkan bantuan alat PCR dari Pemerintah Pusat melalui BNPB.

“Insya Allah kita akan menambah alat PCR pemeriksaan swab dari BNPB, kita tunggu kapan datangnya. Tentunya ini akan menambah lebih cepat pemeriksaan swab,” katanya. (Clh/ Lbr)

banner 336x280