Resmikan Badan Permusyawaratan Desa, Ini Pesan Plh. Bupati

Resmikan Badan Permusyawaratan Desa, Ini Pesan Plh. Bupati 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

32 orang anggota BPD yang berasal dari 6 desa yakni Desa Pakning Asal dan Desa Batang Duku dari Kecamatan Bukit Batu serta Desa Tanjung Datuk, Desa Liang Banir, Desa Koto Raja dan Desa Sungai Nibung dari Kecamatan Siak Kecil, hari ini, Jumat, 18 September 2020, diresmikan oleh Plh. Bupati Bengkalis H. Bustami HY di Aula Pertemuan Kantor Camat Bukit Batu.

Dalam sambutannya Bustami mengatakan, hendaknya, BPD yang baru di resmikan untuk masa bhakti 2020 s/d 2026 ini bisa menjalin kerjasama yang baik serta saling berkoordinasi dan menjaga kekompakan dengan pemerintahan desa agar kesejahteraan masyarakat dapat terpenuhi.

“Pahami tugas serta fungsi secara mendalam, serta pelajari dan juga pahami peraturan yang ada, agar penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan serta pembinaan dan pemberdayaan masyarakat di desa dapat lebih optimal,” tuturnya.

Selanjutnya, Bustami juga menyampaikan, dalam mendukung pelaksanaan tugas dan fungsi BPD, pemerintahan desa dapat menyediakan anggaran operasional bagi BPD sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu, lanjut Bustami, diharapkan, BPD dapat memberikan masukan dan saran kepada pemerintah desa dalam mewujudkan kemandirian fiscal melalui peningkatan PAD Desa.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Kadis PMD) Kabupaten Bengkalis Yuhelmi menambahkan, anggota BPD harus bisa bekerja keras dan ikhlas.

“BPD harus bisa menggali, menampung, mengelola serta menyalurkan aspirasi masyarakat dan menyelenggarakan musyawarah desa,” terangnya.

Yuhelmi juga berharap agar  BPD bisa menjalankan tugas dan fungsi sebagaimana mestinya.

“Awasi kinerja kepala desa dan bersama kepala desa, susun program-program prioritas yang akan disampaikan dalam musdes dan dianggarkan dalam APBDes,” pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut,  Plh. Staf Ahli Bupati Bidang Politik dan Hukum Maryansyah Oemar, Kepala BKPP Djamaludin, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan H. Indra Gunawan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Arman AA, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, Camat Siak Kecil M. Fadlul Wajdi, Bhabinkamtibmas, Babinsa, serta beberapa Kepala Desa dan undangan lainnya. (j)

Resmikan Badan Permusyawaratan Desa, Ini Pesan Plh. Bupati 3