Keluarga Besar Unilak Berduka, Dr. Bambang, Dosen Terbaik Telah Mendahului

Keluarga Besar Unilak Berduka, Dr. Bambang, Dosen Terbaik Telah Mendahului 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Keluarga besar Universitas Lancang Kuning berduka atas wafatnya Dr. Bambang Suroto, S.E., M.M. Rabu malam, (26/08/2020) di Pekanbaru.

Dr. Bambang Suroto merupakan Dekan Fakultas Ekonomi Unilak dua periode (2012-2020) saat beliau memimpin berbagai prestasi telah banyak diraih oleh Fakultas Ekonomi baik di tingkat mahasiswa maupun akademik.

Ditangannya Fekon Unilak menjadi Fakultas Ekonomi favorit di Riau, tidak itu saja dimasa beliau memimpin program studi akuntansi Unilak mampu meraihnya akreditasi A Ban PT dan prodi manajemen meraih akreditasi B.

Meninggalnya beliau menimbulkan duka cita mendalam bagi rekan sejawat, dosen  pegawai Unilak, mahasiswa dan alumni. Salah satunya adalah Guru besar Unilak yang juga mantan Rektor Prof. Dr. Syafrani.

Ditemui Rabu pagi Prof. Syafrani menceritakan kesan tentangnya. “Beliau adalah sahabat kita, awal masuk Unilak sebagai salah satu karyawan yayasan'”.
Diceritakan Prof. Syafrani karir beliau dimulai dari karyawan dan pernah menjabat sebagai Kabiro, karena gigih beliau mampu menyelesaikan S2 dan prestasi itu beliau mengurus kepangkatan dosen hingga mencapai lektor kepala, dan dengan prestasi itu juga beliau berhak mendapatkan jabatan struktural sebagai dekan. Di tangan beliau banyak pembangunan fisik dan akademik dilakukan. Dan jasa beliau adalah prodi akuntansi meraih akreditasi A.

“Kita berharap amal ibadah beliau diterima Allah SWT. Dan kita doakan  beliau dimudahkan menghadap Allah. Beliau memiliki pribadi yang gigih, dan ini bisa menjadi contoh bagi dosen dan karyawan lainnya”.

Ditambahkan Prof. Syafrani, kami sering berdiskusi, setiap ada persoalan sering bercerita dan saya katakan bahwa sabarlah karena setiap masalah bisa diselesaikan.

Hal senada juga disampaikan oleh ketua yayasan pendidikan Raja Ali Haji Prof. Dr. Irwan Effendi, ditemui di kampus Unilak, ia menceritakan sosok Dr. Bambang sebagai pekerja yang serius, telaten bertugas, eduktif.  Diusia itu ia komit menyelesaikan pendidikan doktor dan saya terkesan.

“Saya kenal betul dengan beliau, saat saya rektor saya sampaikan bahwa kapasitas beliau sangat komitmen dalam tugas dan dari itu dibuktikannya dengan dua periode menjabat dekan, akreditasi A akuntansi  diraihnya adalah bukti keberhasilannya. Beliau orang Jawa rendah hati, menerima dan tidak ambisius dan pekerja tekun”.

Dr. Bambang dimakamkan di TPU Gobah, saat dishalatkan di Masjid Akramunas Unri Gobah ratusan pelayat tampak ikut mensholatkan,  sebelumnya, sejak pagi hari rumah duka yang terletak di jalan WR. Supratman Gobah telah ramai oleh pelayat, tampak Rektor Unilak Dr. Junaidi melayat. Selain itu, ratusan pegawai dosen, tetangga dan rekan rekan sejawat tampak hadir di rumah.

Rektor Unilak Dr. Junaidi yang ditemui mengatakan bahwa saya, Unilak dan kita semua merasa kehilangan beliau. Jasa beliau sangat besar dalam kemajuan Unilak, bukti nyata adalah keberhasilan.

Akuntansi meraih akreditasi A. Beliau sangat dekat dengan mahasiswa, banyak prestasi mahasiswa Fekon yang diraih baik tingkat nasional maupun Riau. Untuk kerja sama hadirnya tax center pajak di Unilak juga adalah di masa beliau,  dosen Unilak harus menjadikan beliau contoh dalam bekerja dengan telaten, fokus, dan sabar  beliau banyak jasa bagi Unilak. (RR/ Lbr)

Keluarga Besar Unilak Berduka, Dr. Bambang, Dosen Terbaik Telah Mendahului 3