Koordinator MAKI Jadi Saksi di Sidang Etik Ketua KPK Firli Bahuri 25 Agustus

Koordinator MAKI Jadi Saksi di Sidang Etik Ketua KPK Firli Bahuri 25 Agustus 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Sidang etik Ketua KPK Firli Bahuri terkait dengan penggunaan helikopter mewah saat berkunjung ke Sumatera Selatan akan digelar Selasa (25/8) besok. Koordinator Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman dipanggil sebagai saksi dalam sidang tersebut.

“Saya besok dipanggil Dewan Pengawas KPK untuk jadi saksi atas dugaan pelanggaran kode etik Pak Firli Ketua KPK terkait dengan naik kendaraan udara helikopter,” kata Boyamin dalam keterangannya, Senin (24/8).

Boyamin mengatakan, pemanggilannya dalam sidang tersebut karena pihaknya yang melaporkan adanya dugaan hidup mewah yang dilakukan Firli dengan naik heli tersebut.

“Di situ ada dugaan sesuai pelaporan saya dulu adalah bergaya hidup mewah. Sementara kode etik pimpinan KPK dilarang bergaya hidup mewah, untuk itu saya akan hadir dan berkaitan dengan materi saya tidak dapat membuka karena saya menghormati proses persidangan,” ujarnya.

Terkait persidangan esok, sejumlah pihak angkat bicara dan meminta Dewas melaksanakan sidang dengan menjaga kredibilitas lembaga antirasuah. Bahkan ada sejumlah pihak yang menilai Firli Bahuri pantas dijatuhi hukuman berat.

Koalisi Masyarakat Sipil Antikorupsi meminta Dewas KPK menjatuhi hukuman berat kepada Firli karena dinilai mencoreng kredibilitas kelembagaan dan semakin menciptakan ketidakpercayaan publik terhadap kerja pemberantasan korupsi yang dilakukan KPK.

“Mendesak agar Dewan Pengawas menjatuhkan sanksi berat kepada Ketua KPK diikuti dengan perintah agar yang bersangkutan mengundurkan diri dari jabatannya,” kata salah satu anggota koalisi, Kurnia Ramadhana, dalam keterangannya, Senin (24/8). (Kumparan/Lbr)

Koordinator MAKI Jadi Saksi di Sidang Etik Ketua KPK Firli Bahuri 25 Agustus 3