Uang Baru Peringatan Kemerdekaan RI ke-75, Sri Mulyani: Dicetak 75 Juta Lembar

Uang Baru Peringatan Kemerdekaan RI ke-75, Sri Mulyani: Dicetak 75 Juta Lembar 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo telah secara resmi merilis uang baru edisi Peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 secara virtual pada hari ini, Senin, 17 Agustus 2020.

Sri Mulyani mengatakan, bahwa uang kartal tersebut berbentuk kertas dengan nominal pecahan Rp 75 ribu. “Dengan jumlah lembar yang dicetak sebanyak 75 juta yang ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia,” kata Sri Mulyani secara virtual, Senin, 17 Agustus 2020.

Sri Mulyani menuturkan, peluncuran ini sebagai wujud syukur atas anugerah dan pencapaian kemerdekaan yang telah dijalani selama 75 tahun. Dia mengatakan, uang ini bukanlah uang baru yang diedarkan secara bebas.

Uang ini juga bukan tambahan likuiditas untuk kebutuhan pembiayaan atau pelaksanaan kegiatan ekonomi. “Namun peluncuran uang rupiah khusus tersebut dilakukan di dalam rangka memperingati peristiwa atau tujuan khusus yang dalam hal ini peringatan Republik Indonesia yang ke-75 tahun,” tutur Sri Mulyani.

Selain itu, kata Sri Mulyani, peluncuran uang edisi khusus ini ditujukan sebagai bentuk momentum bang Indonesia untuk mensyukuri kemerdekaan. Meskipun saat ini, Tanah Air sedang menghadapi wabah Covid-19.

Melalui peringatan kemerdekaan ke-75 Indonesia, Sri Mulyani juga mengajak untuk memperteguh dan menjaga kesatuan bangsa walaupun bermacam suku. “Serta bertujuan untuk menambah dan meningkatkan semangat kita di dalam menyongsong dan mencapai tujuan kemerdekaan,” ucapnya.

Sri Mulyani juga menceritakan bahwa filosofi kemerdekaan Indonesia juga tersirat dalam halaman depan uang edisi khusus nominal Rp 75 ribu tersebut. “Kemerdekaan ini digambarkan dengan peristiwa pengibaran bendera, proklamasi kemerdekaan RI tanggal 17 Agustsus 1945, foto proklamator Soekarno dan Hatta,” tuturnya.

 

 

 

 

sumber: Tempo

Uang Baru Peringatan Kemerdekaan RI ke-75, Sri Mulyani: Dicetak 75 Juta Lembar 3