Idul Adha Tahun Ini lewat program “TUNKIN” Pegawai Lapas Sembelih 10 Ekor Sapi Langsung Dibagikan ke Dusun Terpencil di Rohul

Idul Adha Tahun Ini lewat program "TUNKIN" Pegawai Lapas Sembelih 10 Ekor Sapi Langsung Dibagikan ke Dusun Terpencil di Rohul 2
ROHUL, lintasbarometer.com

Melalui Program Tabungan kurban dari potongan kinerja atau “Tunkin” yang diterapkan ke pegawai Lapas Klas II B Pasir Pangaraian, pada Idul Adha 1441 Hijiriyah pegawai Lapas kurban 10 ekor sapi.

Program “Tunkin” patut diacungi jempol, karena itu ide Kepala Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) Klas II B Pasir Pangaraian Muhammad Lukman, dimana setiap pegawai menabung Rp200 ribu per bulannnya.

“Saya terharu, melalui program “Tunkin” yang kita sepekati dan pertama kali kita laksanakan ternyata bermanfaat. karena Idul Adha 1441 Hijriyah tahun ini bisa menyembelih 10 ekor sapi, semua hasil nabung puluhan pegawai kita Rp200 ribu per bulannya,” kata Kalapas Klas II B Pasir Pangaraian, Muhammad Lukman, Sabtu (1/8/2020) saat melihat prosesi penyembelihan hewan kurban.

Dengan 10 ekor sapi yang disembelih di Idul Adha 1441 Hijriyah tahun ini, Muhammad Lukman berterima kasih karena pegawainya mampu menabung untuk berkurban. Sehingga program “Tunkin” ditahun depan akan lebih ditingkatkan agar hewan yang disembelih juga bertambah.

Muhammad Lukman menambahkan, daging dari 10 ekor sapi yang disembelih diutamakan untuk warga binaan namun dengan cara dimasak, sedangkan sebagian lagi dibagikan ke masyaramat sekitar Lapas, Pondok Pesantren (Ponpes) Raudatussalam, Panti asuhan Budi Luhur, Panti asuhan Alkahairiah, serta bagi masyarakat terpencil di Dusun Sungai Bungo, Desa Sialang Jaya, Kecamatan Rambah.

“Seluruh daging yang kurban, kita kemas dalam kantong khusus berisi tulisan “melalui Tunkin Tiap Bulan Alhasil Kita Berkurban”, karena kurban di lapas tahun ini murni kurban dari pegawai Lapas Kita dari Program Tunkin. Saya gembira bercampur haru, karena tidak menyangka program ini bisa terlaksana,” sebut Muhammad Lukman menambahkan.

Khusus daging kurban untuk warga terpencil di Dusun Sungai Bungo Desa Sialang Jaya Kecamatan Rambah, Muhammad Lukman, Sabtu sore langsung bersama sejumlah pegawainya didampingi Kades Sialang Jaya, Yuherman Daulay mengantar dan menyerahkan 40 bungkus daging kurban ke masyarakat, dengan mengendarai sepeda motor trail. Karena dimusim penghujan saat ini jalan menuju ke Dusun Sungai Bungo lebih mudah dijangkau dengan sepeda motor trail”tutur m.lukman. (H.nst/Awi)

Idul Adha Tahun Ini lewat program "TUNKIN" Pegawai Lapas Sembelih 10 Ekor Sapi Langsung Dibagikan ke Dusun Terpencil di Rohul 3