Jhon Sabar Manik Bersama Sariman Dampingi Bupati Rokan Hulu Saat Penanaman Jagung Hibrida di Tambusai Utara

Rokan Hulu14783 Dilihat
banner 468x60

ROHUL, lintasbarometer.com

banner 336x280

Kegiatan Gerakan Tanam Bersama Jagung Hibrida Tahun 2020 oleh kelompok tani HKM Rawa Seribu Sebagai upaya untuk mendukung Ketahanan Pangan dimasa Pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu mendukung dan siap mensukseskan Gerakan Tanaman Jagung Hibrida Tahun 2020.

Sebagai bentuk dukungan Pemkab tersebut, pada Kamis (16/7/2020), GM PT.Torganda Jhon sabar Manik bersama Bupati Rohul H. Sukiman ikut Penanaman jagung hibrida perdana ditandai dengan Menugal menanam Jagung bersama Kelompok Tani HKM Rawa Seribu, di Desa Tambusai Utara, Kecamatan Tambusai Utara.

Dalam Gerakan Penanaman Jagung itu, tampak dihadiri Sekda Rohul H. Abdul Haris S.Sos M.Si, Asisten I Ir Ruslan, Kadis Kominfo Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul Mubrizal SP MMA dan Kepala OPD lainnya.

“Juga Tampak :Camat Tambusai Utara H. Mastur S.Sos M.Si, Kepala Desa Tambusai Utara Ismar Antoni SE.i, Ketua Kelompok Tani HKM Rawa Seribu Sariman Siregar.

Ketua Kelompok Tani HKM Rawa Seribu Sariman Siregar dalam sambutannya mengatakan Gerakan Tanam Bersama Jagung Hibrida ini bentuk sinergisitas Program Pemerintah dengan kelompok tani.

Ia mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rohul dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul yang telah membantu dalam penyediaan bibit jagung Hibrida jenis Bisi 18.

“Luas lahan yang ditanam Poktan HKM Rawa Seribu ini ada 4 hektar dan 1 hektar berada dipinggir jalan Desa. Tujuan tanaman jagung ini kami harapkan bisa memotivasi masyarakat untuk meningkatkan produktivitas tanaman Palawaija,” ujarnya.

Tambah Sariman, dengan adanya Program ini untuk menstimulasi masyarakat. Diakuinya, kelompok tani saat ini masih ada kendala terkait kekurangan fasilitas alat pertanian untuk mengolah lahan seperti Jonder dan Traktor.

“Kendala masyarakat saat ini kekurangan fasilitas alat pertanian untuk mengolah tanah seperti Jonder dan Traktor. Tentu melalui momen ini Bupati bisa membantu petani, untuk bisa memacu semangat petani dengan harapan meningkatkan produktivitas jagung,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Desa Tambusai Utara Ismar Antoni SE.i mengaku setelah diinventarisasi ada lahan seluas 4 hektar tanah milik Desa. Sesuai musyawarah 1 setengah hektar dipergunakan untuk lapangan olahraga didusun 3 dan 4.

Lanjutnya, untuk mendukung penanaman padi, jagung dan kedele harus didukung dengan peralatan yang memadai, seperti saat ini petani sangat membutuhkan Jonder untuk mengolah lahan pertanian.

“Kami minta kepada pak Bupati untuk membantu alat pertanian seperti Jonder. Kemarin kami juga telah mengajukan permohonan Replanting tapi belum terealisasi. Jika replanting ini sudah berjalan, dengan adanya lahan pertanian palawija dan hultikultura ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat nantinya,” harap Ismar.

Pada kesempatan itu, Bupati Rokan Hulu H. Sukiman mengatakan Gerakan Tanam Bersama Jagung Hibrida ini merupakan terobosan yang diharapkan mampu memberikan kontribusi dalam rangka mendukung dan mewujudkan Ketahanan Pangan Nasional khususnya di Kabupaten Rohul.

“Tanam Jagung Hibrida ini langkah yang bagus dalam rangka mewujudkan ketahanan pangan Nasional, apalagi dampak Pandemi saat ini ekonomi melambat, jadi dengan memanfaatkan lahan kosong ini dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat,” harapnya

Atas nama Pemerintah Kabupaten Rohul mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada Kelompok Tani HKM Rawa Seribu dan Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Rohul yang telah mengalokasi bantuan benih jagung untuk petani di Kabupaten Rohul. Dengan harapan dimasa yang akan datang kegiatan ini dapat berlanjut dalam skala yang lebih besar.

Lanjut Sukiman,semoga dapat memberi kontribusi terhadap realisasi penanaman dan produksi jagung hibrida di Rohul serta dapat memberi dampak terhadap peningkatan dan pendapatan dan kesejahteraan petani.

“Penanaman Padi, Jagung dan Kedele ini diharapkan dapat membantu ekonomi masyarakat dalam mewujudkan ketahanan pangan, apalagi untuk Tambusai Utara Tanam Jagung seluas 325 Hektar,” ujarnya.(Awi/tim)

banner 336x280