TTMD Ke-108 Sosialisasi Narkoba, wawasan kebangsaan dan Belanegara Oleh Koramil 07 di gedung serbaguna kecamatan Siak kecil

TTMD Ke-108 Sosialisasi Narkoba, wawasan kebangsaan dan Belanegara Oleh Koramil 07 di gedung serbaguna kecamatan Siak kecil 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Kegiatan penyuluhan dan sosialisasi merupakan rangkaian kegiatan non fisik dari program terpadu TMMD ke-108Tahun 2020 koramil 07/Bukit batu yang sudah terprogram dan terjadwalkan oleh Kodim 0303/Bengkalis sebagai penyelenggara TMMD ke 108 di wilayah Kecamatan Siak kecil,Kabupaten Bengkalis.selasa(7 Juli 2020)

Kegiatan sosialisasi dan penyuluhan oleh koramil 07 Bukit batu yang di adakan di Gedung serbaguna kecamatan siak kecil,di hadiri Camat siak kecil,M.Fadlul Wajdi,SSTP.Msi.Kapolsek Siak kecil.Iptu.Sunaryo SH.MH.Danramil 07 Bukit batu,Tarman Sugiato.S.Sos.kepal KUA.Siak kecil.Sugeng Widodo.dan 17 kepala desa yanghadir,BPBD,dan para undangan lain nya.

Koramil 07 Bukit Batu,Kapten.Ifantri.Tarman Sugianto.S.Sos.menyampaikan bahawasanya  narkoba  berpengaruh besar bagi mental dan kesehatan ,apalagi bagi para remaja yang sangat berdampak kepada masadepan mereka.

Tetunya ini bisa kita lihat pada ciri-ciri watak dan cara berfikir mereka dan prilaku mereka sendiri,contoh nya saja,kurang menghargai orang tua,selalu bohong jelas nya.

Koramil 07 Bukit batu. juga menghimbau agar seluruh masyarakat,selalu mengawasi di sekitar lingkungan baik orang lain maupun anak-anak kita sendiri,jelas nya.

Dalam materinya  yang ke dua,koramil menjelaskan tentang wawasan dan bela negara, secara etimolagis, wawasan kebangsaan berasal dari kata Wawas (bahasa sansekerta) yang memiliki makna tinjauan, pandangan dan penglihatan indrawi.

 “Sedangkan kata Kebangsaan” berasal dari kata ” bangsa” yang berarti kelompok masyarakat yang bersamaan asal keturunan, adat, bahasa, dan sejarahnya, serta berpemerintahan sendiri,”ujar koramil.

Dengan demikian, menurut koramil, wawasan kebangsaan dapat diartikan sebagai konsep cara pandang yang dilandasi akan kesadaran diri sebagai
warga dari suatu negara akan diri dan lingkungan nya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Hakekatnya, wawasan kebangsaan adalah keutuhan secara nasional, yang juga dapat diartikan sebagai cara pandang yang utuh atau menyeluruh dalam lingkup bangsa indonesia dan demi kepentingan nasional,”kata koramil 07 Bukit Batu.

 Artinya, lanjut koramil, setiap warga negara Indonesia harus berpikir, bersikap dan bertindak secara utuh menyeluruh dalan lingkup NKRI dan
demi kepentingan nasional, bangsa dan negara Indonesia.

Di luar dua materi tersebut koramil Bukit batu Menyampai kan kepada seluruh Kepala desa yang hadir ataupun yang mewakili,agar selalu menjaga wilayah nya masing-masing dari kebakarn lahan dan hutan,ini adalah sudah menjadi tanggu jawab kita semua,tegas nya.

tentunya di harapkan kepada kepala desa, harus selalu berkordinasi baik Rt,kadus,dan pihak damkar di desa masing-masing, apakah aman dari titik api apa belum,karna kasus kebakaran lahan dan hutan di wilayah Riau terkhusus nya siak kecil menjadi sorotan nasional.tutup koramil 07 bukit batu,pada acara tersebut.(J)

TTMD Ke-108 Sosialisasi Narkoba, wawasan kebangsaan dan Belanegara Oleh Koramil 07 di gedung serbaguna kecamatan Siak kecil 3