Update Corona di RI 20 Juni: 45.029 Positif, 2.429 Meninggal, 17.883 Sembuh

Nasional12539 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA, lintasbarometer.com

banner 336x280

Kasus virus corona di Indonesia terus mengalami peningkatan, meski masyarakat mulai menjalani masa transisi menuju new normal. Pemerintah mengumumkan penambahan 1.226 pasien positif virus corona (SARS-CoV-2) atau pengidap COVID-19 per Sabtu (20/6) siang.

Sehingga sampai saat ini, total pasien positif virus corona di Indonesia tembus di angka 45.029 orang, dari yang sebelumnya 43.803 orang.

“Saya akan sampaikan update untuk kasus yang kita dapatkan hari ini, telah bertambah lagi 1.226 kasus baru, sehingga total 45.029 kasus,” ungkap jubir pemerintah terkait penanganan virus corona, Achmad Yurianto, saat konferensi pers di BNPB, Jakarta.

Dari total pasien positif virus corona itu, Yuri mengungkap ada penambahan 56 pasien yang meninggal, sehingga total pasien positif virus corona yang meninggal mencapai 2.429 orang.Meski demikian, penambahan jumlah pasien positif virus corona dan kasus kematian juga diikuti kabar baik terkait semakin bertambahnya pasien yang sembuh sebanyak 534 orang. Sehingga saat ini sudah ada 17.883 pasien yang dinyatakan sehat.Agar penyebaran virus corona tak semakin meluas, masyarakat selalu diingatkan untuk disiplin mengenakan masker kain, menjaga jarak atau physical distancing, rajin mencuci tangan, dan tak keluar rumah selain urusan penting.Saat ini, mematuhi aturan protokol kesehatan tersebut adalah sebuah keharusan di masa transisi ini. Terlebih saat ini masyarakat sudah bisa keluar rumah dan beraktivitas seperti biasa.Transportasi publik juga sudah kembali beroperasi, meski masih menerapkan pembatasan jumlah penumpang.

Selain itu, pemerintah juga berencana untuk membuka kembali sekolah-sekolah pada jenjang menengah atas (SMA) di zona hijau penularan virus corona, Juli mendatang. Baru kemudian diikuti jenjang sekolah di bawahnya.Mendikbud Nadiem Makarim menyebut ada sekitar 6 persen peserta didik yang berada di zona hijau sementara 94 persen berada di zona merah, oranye, kuning. Meski siswa yang berada di zona hijau diizinkan kembali belajar di sekolah, namun semua keputusan berada di tangan orang tua. (Kmp/ Lbr)

banner 336x280