Utuk Tahap Pertama Desa Sejangat Salurkan 41 KK Untuk Penerima BLT-DD

banner 468x60

BENGKALIS, lintasbarometer.com

banner 336x280

Pemerintahan Desa Sejangat, Kecamatan Bukit Batu, Kabupaten Bengkalis salurkan  Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap I bagi masyarakatnya yang terdampak.

Kegiatan penyaluran BLT-DD tersebut dilaksanakan di Gedung Gelora Desa Sejangat, Jumat, 29 Mei 2020.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Sejangat, Iswadi A.Md mengatakan, penerima BLT-DD di desanya berjumlah 41 KK, yang terdiri dari masyarakat dengan kriteria terdampak Covid-19.

Adapun penetapan warga yang berhak menerimanya diputuskan melalui beberapa tahapan dengan kriteria sesuai dengan ketentuan dari kementerian.

“Penerima BLT-DD ini merupakan masyarakat yang sama sekali belum dapat bantuan dari Pemerintah. Baik bantuan PKH, BPNT, Otonom maupun BST. Tidak ada tebang pilih. Semua sudah melalui penyeleksian,” ujar Iswadi menjelaskan.

Selanjutnya, pria yang akrab disapa Iwa ini mengatakan, jika ada warga yang belum dapat dan belum terdata, silahkan datang ke RT, RW atau kantor desa untuk mendaftarkan diri. Jika setelah dilakukan ferivikasi ternyata memenuhi kriteria maka akan kami berikan bantuan.

Selanjutnya Iswadi mengatakan, pergunakanlah bantuan ini sebaik-baiknya. Utamakan untuk kepentingan pangan. Semoga berkah dan bermanfaat bagi semua.

Di tempat yang sama, Camat Bukit Batu Taufik Hidayat, SSTP, MPA dalam sambutannya mengatakan, penyaluran BLT-DD ini merupakan salah satu wujud kepedulian Pemerintah kepada masyarakat dalam mengatasi dampak sosial yang ditimbulkan akibat Covid-19.

Selanjutnya, Taufik mengatakan, penerima bantuan BLT-DD ini khusus bagi masyarakat yang belum dapat bantuan sama sekali, baik dari Kemensos, APBD, PKH, Non PKH, Otonom dari Kabupaten.

Penerima BLT Desa adalah mereka yg miskin dan kehilangan mata pencaharian akibat Covid-19. Dari situ jelas sekali bahwa penerima BLT Desa adalah KMB (keluarga miskin baru)

“Kalau memang ada yang mendapatkan bantuan lebih dari satu maka harus memilih salah satu,” ujar Taufik menjelaskan.

Terakhir, Taufik mengucapkan terima kasih dan memberikan apresiasi kepada Pemerintahan Desa Sejangat yang telah berupaya maksimal agar BLT-DD ini bisa disalurkan kepada masyarakat yang layak dan pantas menerimanya.

“Apresiasi saya berikan untuk kepala desa dan seluruh perangkat dan stafnya yang telah berupaya sampai akhirnya BLT-DD ini bisa disalurkan. Semoga tepat sasaran dan bermanfaat,” ujar Taufik menutup pembicaraannya.

Turut hadir dalam acara tersebut,     Babinsa Serda Gunawan, Perangkat dan Staf Desa serta masyarakat penerima BLT-DD dan undangan lainnya. (J)

banner 336x280