Bertambah 3 Pasien Positif Covid-19 di Riau, Warga Tampan Pekanbaru dan Bengkalis

Bertambah 3 Pasien Positif Covid-19 di Riau, Warga Tampan Pekanbaru dan Bengkalis 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Pasien positif virus corona (Covid-19) di Provinsi Riau meningkat tajam dengan bertambahnya tiga orang per Sabtu (2/5/2020). Dengan begitu, total pasien positif menjadi 45 pasien.

Tambahan 3 pasien positif tersebut yakni 1 pasien dari Pekanbaru, dan 2 pasien dari Kabupaten Bengkalis.

Pasien 43 positif covid-19 di Riau adalah pasien AF (44), yang merupakan warga Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kota Pekanbaru.

Pasien AF (44) memiliki riwayat perjalanan dari daerah terjangkit, yakni Jakarta dan Bandung pada 20 Maret 2020.

“Namun, mengingat riwayat perjalanan tersebut sudah cukup lama, tetap akan dilakukan tracing untuk memastikan sumber penularan pasien AF,” ujar Jubir Gugus Tugas Covid-19 Riau, Indra Yopi.

Sedangkan pasien 44 positif Covid-19 di Riau adalah pasien dalam pengawasan (PDP) yang meninggal pada 15 April 2020. Hasil swabnya baru keluar hari ini, atas nama pasien N (59), yang merupakan warga Kecamatan Mandau, Bengkalis.

“Jadi pasien N ini meninggal dengan penyakit penyerta pneumonia dan diabetes mellitus dan infekai paru-paru, dirawat di RS Mandau dan meninggal sebagai PDP,” jelas Indra Yopi.

Untuk Pasien 45 positif covid-19 di Riau, yang juga dari Bengkalis, adalah seorang tenaga medis atas nama AMN (33) berjenis kelamin perempauan. AMN merupakan warga Kabupaten Bengkalis dan saat ini sudah diisolasi dan dirawat di Kabupaten Bengkalis.

“Untuk pasien AMN ini, seorang tenaga medis di Bengkalis saat ini dalam kondisi stabil, tidak ada keluhan berarti. Jadi pasien ini diambil dari sampel sekutum. Pasien diperiksa dua kali berturut-turut dan sekutum, kalau dari salah satu ini positif maka positif. Pemeriksaan yang terbaik itu sekutum, karena ada dahaknya, sedangkan swabnya negatif,” ungkap Indra.

“Selanjutnya, Dinas Kesehatan Provinsi Riau akan melakukan tracing kontak dari pasien AF, N dan AMN. Kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang dan tingkatkan kewaspadaan. Lakukan pembatasan fisik (physical distancing). Walaupun tidak sakit, belum tentu orang yang kita temui itu negatif covid-19 dan tidak menyebarkan virusnya. Maka pilihan yang terbaik adalah tetap di rumah dan hindari keramaian,” tutup Indra Yopi.

Dari data Gugus Tugas Covid-19, per Sabtu (2/5) di Provinsi Riau, terdapat penambahan 3 kasus positif covid-19 sehingga total di Provinsi Riau terdapat 45 kasus positif, 25 dirawat, 16 sehat dan sudah dipulangkan, dan 4 meninggal dunia.

Sebanyak 224 PDP masih dirawat, 350 PDP negatif Covid-19 dan dipulangkan, dan 88 PDP meninggal dunia, dan 11.166 ODP dalam pemantauan, 42.192 ODP sudah selesai pemantauan. (RM/ Lbr)

Bertambah 3 Pasien Positif Covid-19 di Riau, Warga Tampan Pekanbaru dan Bengkalis 3