Di Tengah Pandemi Corona, 1.676 TKI Pulang ke Bengkalis Riau

Sosial dan Budaya5696 Dilihat
banner 468x60

PEKANBARU, lintasbarometer.com

banner 336x280

Pemulangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke menuju berbagai daerah di Tanah Air di tengah pandemi Corona terus berlangsung. Khusus Kabupaten Bengkalis, Riau saat ini jumlah PMI yang mudik sebanyak 1.676 orang.

Terakhir pulangan dilakukan pada 30 April 2020. Dimana sebanyak tujuh PMI/TKI pulang melalui jalur laut yakni ke Pelabuhan Laut Domestik Bandar Sri Laksamana Bengkalis. (Baca: Jurnalis di Perbatasan RI-RDTL Bagikan Masker dan Sembako bagi Warga Belu)

“Dari 23 Maret 2020 dan hingga kini, jumlah PMI asal Kabupaten Bengkalis adalah 1.676 orang,” kata Kepala Dinas Infokom Provinsi Riau, Chairul Riski, Jumat (1/5/2020).

Tujuh orang itu berangkat dari Negara Malaysia dengan melawati Selat Malaka. Kemudian kapal berlayar menuju Tanjung Balai Karimun, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) Kapal Ferry MV Batam Jet 3.

Kemudian ke menuju Pelabuhan Laut Domestik Bandar Sri Laksamana Bengkalis para PMI ini bergabung dengan penumpang lain. Jumlah penumpang lain adalah 28 orang. Sesampainya di pelabuhan, petugas melakukan pengecekan suhu tubuh ke tujuh orang PMI.

“Selain ketujuh PMI, 28 penumpang lainnya juga diperiksa suhu tubuhnya. Semua yang diperiksa suhunya normal. Merekapun langsung boleh pulang,” tukasnya.

Sejak pemberlakuan lockdown di Negara Malaysia, ribuan PMI atau TKI dipulangkan. Riau merupakan daerah transit pemulangan TKI di Pulau Suamtera.(SN/ Lbr)

banner 336x280