Dampak Penutupan Pelabuhan, Mulai 1 Mei BSL Tak Layani Penumpang Tujuan Dumai

Dampak Penutupan Pelabuhan, Mulai 1 Mei BSL Tak Layani Penumpang Tujuan Dumai 2

BENGKALIS, lintasbarometer.com

Mulai Jumat (1/5/2020), pelabuhan Bandar Sri Laksamana (BSL) Bengkalis tak lagi melayani penumpang tujuan Dumai. Langkah tersebut dilakukan menindaklanjuti keputusan Walikota Dumai yang melakukan penutupan pelabuhan domestik Dumai per 1 Mei 2020.

Kepala Kantor Kesyahbandaran Otoritas Pelabuhan (KSOP) Bengkalis, Julharia kepada wartawan mengatakan, Pemko Dumai sudah termasuk zona merah dan mengusulkan PSBB. Salah satu upaya yang ditempuh adalah dengan melakukan penutupan pelabuhan Dumai per 1 Mei 2020.

“Jadi mulai besok (1 Mei,red) tidak ada lagi arus keberangkatan penumpang dari Bengkalis ke Dumai melalui jalur laut maupun sebaliknya,” ujar Julharia.

Namun, sambung Julharia lagi, karena Bengkalis belum termasuk zona merah, maka transportasi laut ke daerah lain masih berjalan sebagaimana biasa. “Kalau ada yang mau berangkat arah ke Selatpanjang, Tanjung Samak, Tanjung Balai dan Batam tetap masih bisa dlayani,” kata Julharia.

Hal senada disampaikan Kepala Dishub Bengkalis melalui Sekretaris Dishub Zul Asri. Melalui hubungan ponsel, dirinya membenarkan dihentikannya layanan penumpang dari Bengkalis ke Dumai melalui pelabuhan BSL. Kapal-kapal yang selama ini menuju Dumai hanya melayani tujuan Selatpanjang, Tanjung Samak, Tanjung Balai dan Batam.

“Dari daerah-daerah sana hanya sampai Bengkalis, begitu pun sebaliknya,” katanya.

Batam Jet Berhenti Total

Sementara itu informasi dari agen kapal MV Batam Jet perwakilan Bengkalis, Yani Sakiman mengatakan kalau per 1 Mei 2020 kapal Batam Jet berhenti total. “Kapal memang benar-benar berhenti operasi, tak lagi melayani penumpang baik ke Dumai maupun ke tempat lain,” katanya.

Pria yang akrab disapa Abin ini mengatakan, pihak perusahaan benar-benar terpukul dengan pandemi Covid-19. Jumlah penumpang sangat jauh menurun mencapai 90 persen sehingga dengan penutupan pelabuhan Dumai, maka pihaknya memutuskan untuk berhenti beroperasi sampai jadwal yang ditentukan kemudian.

Berbeda dengan Batam Jet, PT Pelnas Lestari Indomabahari yang mengoperasikan kapal MV Dumai Ekpress dan MV Dumai Line tetap akan melayani penumpang dari Bengkalis tujuan Selatpanjang, Tanjung Balai dan Batam. Namun, kapal yang beroperasi hanya satu.

“Untuk besok tak ada keberangkatan, baru tanggal 2 Mei ada kapal dari Bengkalis,” kata Acin agen kapal Dumai Express/Dumai Line perwakilan Bengkalis. (HR/ Lbr)

Dampak Penutupan Pelabuhan, Mulai 1 Mei BSL Tak Layani Penumpang Tujuan Dumai 3