Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan Masih Prioritas Pemkab Rohil

Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan Masih Prioritas Pemkab Rohil 2

ROHIL, lintasbarometer.com

Bupati Rokan Hilir, H Suyatno membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan atau Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Rokan Hilir 2021, di Gedung Pertemuan H Misran Rais, Bagansiapiapi belum lama ini.

“Yang jelas program kita ke depan untuk 2021 tetap arahnya infrastruktur, pendidikan dan kesehatan. Nah ini menjadi skala prioritas kita dalam menyusun program 2021,” kata Suyatno usai membuka kegiatan Musrenbang.

Bupati menyebutkan dalam Musrenbang itu berkembang informasi bahwa Pemerintah Provinsi Riau menggelontorkan anggaran untuk Rokan Hilir ini di tahun 2020 hampir Rp360 miliar lebih. “Ini sangat-sangat luar biasa dan kita juga memberikan apresiasi, terima kasih buat Gubernur Riau,” ucapnya.

Kepada Dinas, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, ia meminta tidak hanya diam ditempat dan diharapkan jemput bola. Karena tidak bisa hanya mengandalkan dana APBD yang hanya sedikit itu.

“Susun program, jemput bola sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan kita di sini, banyak sekali anggaran yang berada di kementerian-kementerian termasuk di Pemprov Riau. Ini harus jago lobi lah,” kata Suyatno.

Menurutnya lagi, bila semata-mata berharap dengan APBD yang ada ini kemungkinan kecil sekali bisa meratakan pembangunan sampai ke tingkat-tingkat desa.

“Tapi dengan kerja keras kita baik itu kepala dinas maupun yang lainnya untuk melakukan jemput bola menyampaikan program-program usulan kita, saya pikir pemerintah pusat itu pasti memberikan bantuan. Tapi kalau kita diam nggak ada informasi ya salah kita,” ujar Bupati.

Ia berharap Musrenbang ini benar-benar disusun sesuai dengan skala prioritas, dan juga yang paling penting adalah sesuai dengan kebutuhan anggaran yang ada.

“Harapan saya kepada para peserta Musrenbang kerjasama yang baik termasuk DPRD saling mengontrol pelaksanaan kegiatan roda pembangunan di Kabupaten Rokan Hilir ini. Intinya kita ngajak kerjasamalah, karena kita bangun negeri ini adalah untuk kita bersama,” kata Suyatno.

Musrenbang yang bertemakan “Memantapkan pemberdayaan ekonomi daerah untuk peningkatan mutu kesejahteraan rakyat” itu dihadiri Ketua DPRD Rokan Hilir Maston, Forkopimda, Pj Sekda Rokan Hilir M Job Kurniawan, perwakilan Bappeda Riau, para kepala OPD setempat, camat, penghulu/lurah dan undangan lainnya.

Bupati Rohil Temui Deputip Kemenparekraf  Ajukan Usulan Kembangkan Infrastruktur Pariwisata

Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan Masih Prioritas Pemkab Rohil 3

Untuk mengembangkan destinasi dan infrastruktur pariwisata, Bupati Rokan Hilir H Suyatno temui Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keeatif, Dr Hari Santosa Sungkari MH.

Daerah Tujuan Wisata (DTW) Rohil yang akan dikembangkan di antaranya Danau Jando Gatal, Teluk Gong, Pulau Jemur, Pulau Tilan, Danau Napangga, Danau Buatan, Atib Koambai Kubu dan Bagansiapiapi serta Batu 6.

Bupati Suyatno didampingi Plt Kepala Dinas Pariwisata Kepemudaan dan Olahraga, Budiman ST, Kadis PUTR Jhon Saprindow, Kabid Ekonomi Kreatif Disparpora Zakia Hada, SSn M Hum, Deputi Hari Santoso didampingi Direktur Pengembangan Destinasi Regional 1 Oni Yulfian, dan Kasubdit Area 2 Regional 1 Ramlan Kamarullah.

Dalam pertemuan itu, Bupati Suyatno meminta pemerintah pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif membantu pengembangkan sejumlah destinasi dan infrastruktur pariwisata Rokan Hilir pada sejumlah DTW.

Mulai pembangunan amenitas kawasan pariwisata, Pembangunan TIC di Bagansiapiapi, Surfing Centre dan Peralatannya di Pulau Jemur, Dermaga Wisata di Danau Napangga, Teluk Gong, Atib Koambai Kubu.

Sampai pembangunan atraksi (daya tarik pariwisata), Lampu Taman di Batu 6, Pagar Pembatas di Batu 6, Kios Cendramata di Batu 6, Menara Pandang di Batu 6, Plaza Pusat Jajanan/kuliner di Bagansiapiapi, Tempat Parkir di Batu 6, Gazebo Beton di Danau Buatan, Ruang Ganti dan/atau toilet di Pulau Jemur, Turap di Teluk Gong, Jalan Kawasan di Teluk Gong, Jembatan Gantung, Teluk Gong, Arena Bermain di Danau Buatan dan Jalan Kawasan di Danau Jando Gatal.

Deputi Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Keeatif, Dr Hari Santosa Sungkari, MH dan jajaran berjanji membantu Pemkab Rohil untuk melakukan  pengembangan destinasi dan infrastruktur pariwisata. (Advetorial)

Infrastruktur, Pendidikan dan Kesehatan Masih Prioritas Pemkab Rohil 4