Mulai Hari Ini, Panggilan Suara dan Video WhatsApp Bisa 8 Orang

Mulai Hari Ini, Panggilan Suara dan Video WhatsApp Bisa 8 Orang 2

JAKARTA, lintasbarometer.com

Aplikasi pesan WhatsApp resmi menghadirkan pembaruan untuk fitur panggilan suara dan video per hari ini, Rabu 29 April 2020. Pembaruan dilakukan dengan menambah kapasitas peserta menjadi delapan orang dalam satu panggilan.

Pembaruan ini dilakukan untuk membuat metode komunikasi virtual keluarga dan teman di tengah pandemi COVID-19. Seperti diketahui pandemi penyakit itu memaksa masyarakat di dunia saling membatasi interaksi dan melakukan kegiatannya dari rumah masing-masing.

“Mulai hari ini, dengan senang hati kami umumkan telah secara resmi menggandakan jumlah peserta yang dapat melakukan panggilan suara dan video di WhatsApp, dari yang sebelumnya hanya empat menjadi delapan orang,” bunyi keterangan WhatsApp, Rabu 29 April 2020.

Aplikasi besutan Facebook itu telah melihat orang-orang di seluruh dunia kini semakin aktif menggunakan fitur panggilan suara dan video di WhatsApp dibandingkan sebelum pandemi. Panggilan grup memungkinkan pengguna berbicara dalam grup dengan mudah, terlepas dari jenis ponsel atau jaringan yang digunakan.

Menurut WhatsApp, dalam satu bulan belakangan, rata-rata penggunaan panggiln video per hari selama lebih dari 15 miliar menit. Ini melampaui hari-hari di masa sebelum pandemi.

Seperti halnya dengan pesan di WhatsApp, semua panggilan disebutkan dilindungi sistem enkripsi end-to-end, yang memastikan hanya orang yang berkomunikasi sajalah yang dapat mendengar percakapan, dan tidak ada orang lain, termasuk WhatsApp sendiri.

“Kami juga berupaya untuk membuat fitur panggilan tersedia, menjangkau sebanyak mungkin pengguna, terutama bagi pengguna perangkat low-end dan berada di lingkungan jaringan yang cenderung lambat,” kata WhatsApp.

Cara menggunakannya cukup mudah. Mulailah panggilan suara atau video, tambah teman, pilih kontak, dan pengguna bisa berbicara dengan hingga 8 orang sekaligus di panggilan grup. Tapi sebelumnya, semua peserta dalam panggilan perlu memperbarui aplikasi WhatsApp mereka ke versi terbaru yang tersedia di iPhone dan Android, mulai hari ini.

Aplikasi berlogo gagang telepon itu berharap dengan adanya pembaruan ini, dapat membantu pengguna agar tetap dekat dengan teman dan keluarga mereka dengan cara yang sederhana, aman, dan dapat diandalkan di tengah pandemi. “Mari ajak teman dan keluarga Anda untuk memperbarui WhatsApp agar dapat mencoba pembaruan fitur ini,” kata WhatsApp menambahkan. (Tempo/ Lbr)

Mulai Hari Ini, Panggilan Suara dan Video WhatsApp Bisa 8 Orang 3