Pegadaian Beri Bunga 0% untuk 5 Juta Nasabah

Nasional, Umum3955 Dilihat
banner 468x60

JAKARTA,lintasbarometer.com

banner 336x280

PT Pegadaian (Persero) akan meringankan beban nasabah gadai konvensional maupun syariah di tengah kesulitan ekonomi masyarakat akibat pandemi covid 19. Perusahaan pelat merah ini sebelumnya telah mengeluarkan program relaksasi dan restrukturisasi angsuran untuk produk nongadai.

“Kami berkomitmen terus memberikan berbagai kemudahan bagi nasabah, terlebih pada situasi sulit saat ini di tengah wabah covid-19. Program pertama adalah menetapkan bunga nol persen. Target kami meringankan beban lima juta nasabah gadai, dengan 3,5 juta nasabah existing dan 1,5 juta diharapkan dari tambahan nasabah selama bebas bunga diterapkan,” kata Direktur Utama Pegadaian Kuswiyoto dalam keterangan tertulisnya, Senin, 27 April 2020.

Menurut dia program ini hanya berlaku untuk nasabah yang memiliki pinjaman kurang dari Rp1 juta. Serta efektif dimulai 1 Mei 2020 dan berakhir 31 Juli 2020.

Adapun persyaratan program bunga nol persen bunga ini adalah dalam satu KK (Kartu Keluarga) tidak boleh lebih dari satu nasabah penerima. Untuk pembuktiannya nasabah tidak perlu membawa KK saat menggadai, karena otomatis, asal pinjaman kurang dari Rp1 juta, akan dicek oleh sistem yang dimiliki Pegadaian.

Program kedua yakni penundaan jatuh tempo lelang yang selama ini 15 hari, akan ditambah menjadi 30 hari, jadi ada tambahan 15 hari relaksasi. Program ini diterapkan kepada semua nasabah tanpa kecuali, dimaksudkan memberikan kesempatan mengumpulkan dana kepada nasabah untuk bisa melunasi, batas akhir waktu program akan ditetapkan kemudian.

“Kami berharap, dengan program-program tersebut bisa mengurangi beban ekonomi nasabah yang mungkin terdampak covid-19,” pungkasnya. (Mc/ Lbr)

banner 336x280