Jaga Perbatasan, 1.020 Personel di Riau Siap Halau Pemudik

Jaga Perbatasan, 1.020 Personel di Riau Siap Halau Pemudik 2

PEKANBARU, lintasbarometer.com

Pihak kepolisian melakukan Operasi Ketupat Muara Takus 2020 di Riau. Operasi ini untuk mengantisipasi membeludaknya warga yang mudik atau pulang kampung saat Lebaran.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Pol Sunarto mengatakan, dalam operasi yang resmi digelar hari ini pihaknya menerjunkan 1.020 personel. Jumlah ini merupakan gabungan dari jajaran Polres dan Polda Riau.

Salah satu yang difokuskan dalam Operasi Ketupat 2020 Riau adalah pencegahan warga yang akan mudik. Sejumlah fokusnya adalah wilayah yang menjadi pintu masuk dan keluar Riau.

Wilayah perbatasan yang dijaga adalah jalur Riau-Sumatera Barat (Sumbar), Riau-Sumatera Utara (Sumut) dan Riau-Jambi. Selain itu, personel juga ditambah di beberapa posko penanganan Covid-19 di semua wilayah Riau.

“Khusus untuk empat posko pengamanan yang berada di batas wilayah Provinsi Riau yakni Kabupaten Kampar yang berbatasan dengan Lima Puluh Kota, Sumbar; Kuansing yang berbatasan dengan Sijunjung, Sumbar; Kabupaten Rohil yang berbatasan dengan Sumut; dan Inhil yang berbatasan dengan Jambi ditambah 20 personel per posko,” ujar Sunarto, Jumat (24/4/2020).

Dirlantas Polda Riau Kombes Pol Ping Pringadi menambahkan operasi ini bertujuan memutus mata rantai Covid-19. “Kegiatan ini menindaklanjuti kebijakan pemerintah untuk larangan mudik bagi masyarakat dan physical distancing serta penggunaan masker,” ucapnya. (SN/ Lbr)

Jaga Perbatasan, 1.020 Personel di Riau Siap Halau Pemudik 3