Dosen Fakultas Ekonomi Unilak Pengabdian di Rohil

Minggu, 27 Januari 2019 - 10:25:29 WIB
Diposting Oleh : Admin | Kategori : PENDIDIKAN - Dibaca : 263 kali

 
 

PEKANBARU,lintasbarometer.com

 

Pemetaan potensi desa untuk pengembangan Unit Usaha BUMDes Tamer Mandiri, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) FE Unilak melaksanakan PKM di Aula Kantor Desa Tanah Merah (7/1).

 

PKM dilaksanakan dalam bentuk penyuluhan tentang pengetahuan dan pemahaman tentang potensi desa serta melakukan simulasi pemetaan potensi Desa Tanah Merah.

 

Dari pemetaan potensi desa maka membantu menemukan peluang-peluang usaha yang nantinya melalui musyawarah desa akan diputuskan unit usaha yg dapat dikembangkan dan dikelola oleh BUMDes Tamer Mandiri.

 

Dengan pemetaan potensi desa maka dapat membentuk unit usaha berbasis potensi dan kebutuhan masyarakat desa sehingga BUMDes tidak saja menghasilkam profit tetapi juga menghasilkan benefit dan pada akhirnya akan meningkatkan Pendapatan Asli Desa (PADes). Peningkatan PADes tentu saja berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat dan kemandirian desa.

 

Kegiatan PKM ini dihadiri Kades Tanah Merah H. Syahrul Amri Nasution beserta perangkat desa, kepala dusun, tokoh masyarakat, ibu-ibu PKK, perwakilan pemuda, dan pengelola BUMDes dengan jumlah peserta 27 orang.

 

Langkah awal yang dilakukan adalah tim pelaksana memberikan penyuluhan tentang potensi desa dan pemahaman bahwa setiap desa pasti memiliki potensi. Kegiatan dilanjutkan dengan simulasi yaitu tim pelaksana bersama peserta melakukan pemetaan potensi Desa Tanah Merah, kemudian memaparkan peluang-peluang usaha untuk pengembangan unit usaha BUMDes Tamer Mandiri.

 

PKM ditaja oleh tim dosen FE Unilak yang terdiri dari Neneng Salmiah, SE., MM., Ak., CA sebagai ketua pelaksana sekaligus narasumber yang telah memiliki Sertifikat Training Of Trainer (TOT) pendamping BUMDes, Satria Tri Nanda, SE., M.Si dan Intan Adino, SE., M.Ak.

 

Neneng Salmiah dalam wawancara mengatakan dalam pelaksanaan kegiatan PKM ini, terlihat antusiasme peserta sangatlah baik. Secara demografi Desa Tanah Merah dekat dengan kota dan padat penduduk. sebagian besar lahan digunakan untuk pemukiman sehingga tidak memiliki lahan pertanian, perkebunan dan sumber daya alam sebagai objek wisata. 

 

"Pemerintah desa, pengelola BUMDes dan masyarakat Desa Tanah Merah memahami bahwa Desa Tanah Merah memiliki banyak potensi yg bisa dikembangkan menjadi unit usaha BUMDes Tamer Mandiri. Hal ini tentu saja menambah optimisme Pemerintah desa dan pengelola BUMDes utk meningkatkan PADes melalui pengembangan unit usaha BUMDes Tamer Mandiri", ujar Neneng.(Sekret/p2r group)

.



1 Komentar

Comprar Cialis En Gibraltar Levitra Medicinale [url=http://rxbill6.com]order levitra from canada[/url] Which Country Has Cheap Doxycy.

  • 15 Mei 2019 - 22:49:33

Berikan Komentar Anda



(Masukkan 6 kode diatas)