Keluarga Korban Minta Penjelasan Kasi Pidum Kejari Kampar Terkait Tahanan Kota yang Diberikan Kepada Tersangka

Jumat, 11 Mei 2018 - 20:56:45 WIB
Diposting Oleh : Admin | Kategori : HUKRIM - Dibaca : 928 kali

 

KAMPAR, lintasbarometer.com

Terkait kasus pengancaman yang menimpa istri redaksi media online moralriau.com, keberatan atas putusan Kepala Seksi Pidana Umum (Kasi Pidum) Kejaksaan Negeri Kampar yang memberikan tahanan kota kepada tersangka pengancaman terhadap istri salah satu Redaksi media Online.

 

Kekecewaan terlihat dari raut wajah korban dan suami korban atas tidak adilnya pihak penegak hukum dalam menjalankan fungsinya”ucap Maswir suami korban yang juga meruapakan Pimpinan Redaksi media Online moralriau.com.

 

Menurut keterangan Kasi Pidum Kejaksaan Negri Kampar kepada wartawan Rabu, (09/05/2018) mengatakan “Tersangka telah diserahkan kepada kami, akan tetapi pelaku tidak dilakukan penahanan, dengan pertimbangan kemanusiaan” jelas Harianto Manurung, SH, Kasi Pidum Kejari Kampar

 

Ia juga menambahkan bahwasannya yang menjamin tersangka adalah abang kandungnya” sambung Harianto Manurung seraya mengulangi ucapan tersangka.

 


Menurut Kasi Pidum, Harianto Manurung,SH, menjelaskan bahwa tersangka merupakan status tahanan kota dan wajib lapor Senin dan Rabu, kemudian yang bersangkutan langsung yang wajib datang Kejari Kampar dan tidak bisa diwakilkan” timpalnya.

Terkait kapan sidangnya, Kasi Pidum mengatakan akan secepatnya berkas tersangka akan di limpahkan ke pengadilan”imbuhnya

Sementara itu, menurut Praktisi Hukum Jhony AS,SH, ada beberapa syarat penangguhan penahanan sebagaimana yang diatur dalam KUHAP yang tertuang dalam Pasal 31 ayat (1) UU No.8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana (“KUHAP”) yang berbunyi atas permintaan tersangka atau terdakwa, penyidik atau penuntut umum atau hakim, sesuai dengan kewenangan masing-masing, dapat mengadakan penangguhan penahanan dengan atau tanpa jaminan uang atau jaminan orang, berdasarkan syarat yang ditentukan, diantaranya harus ada Permintaan dari tersangka atau terdakwa, kemudian adanya Permintaan penangguhan penahanan yang disetujui oleh penyidik atau penuntut umum atau hakim yang menahan dengan atau tanpa jaminan sebagaimana ditetapkan, dan ada persetujuan dari tersangka/terdakwa yang ditahan untuk mematuhi syarat dan jaminan yang ditetapkan.

 

Mengenai syarat penangguhan penahanan ini tertuang pada penjelasan Pasal 31 ayat (1) KUHAP yaitu, tersangka/terdakwa, wajib lapor, tidak keluar rumah, tidak keluar kota, hal ini lebih jauh diatur dalam PP No. 27 Tahun 1983 Tentang Pelaksanaan KUHP diatur bahwa dalam permintaan penangguhan penahanan, ada jaminan yang disyaratkan yang bisa berupa, Jaminan Uang ( Pasal 35).

 

1. Jaminan uang, ini ditetapkan oleh pejabat yang berwenang sesuai dengan tingkat pemeriksaan dan disimpan di kepaniteraan pengadilan negeri, Penyetoran uang jaminan ini dilakukan sendiri oleh pemohon atau penasihat hukumnya atau keluarganya dan untuk itu panitera memberikan tanda terima, Penyetoran ini dilakukan berdasar “formulir penyetoran” yang dikeluarkan instansi yang bersangkutan, Bukti setoran ini dibuat dalam rangkap tiga sesuai ketentuan angka 8 huruf f Lampiran Keputusan Menteri Kehakiman No. M. 14-PW.07.03/1983,Tembusan tanda penyetoran tersebut oleh panitera disampaikan kepada pejabat yang berwenang sesuai dengan tingkat pemeriksaan untuk menjadi dasar bagi pejabat yang menahan mengeluarkan surat perintah atau surat penetapan penangguhan penahanan, Apabila kemudian tersangka atau terdakwa melarikan diri dan setelah melewati waktu 3 (tiga) bulan tidak diketemukan, uang jaminan tersebut menjadi milik negara dan disetor ke Kas Negara.

 

2. Jaminan Orang (Pasal 36), Orang penjamin bisa penasihat hukumnya, keluarganya, atau orang lain yang tidak mempunyai hubungan apa pun dengan tahanan, Penjamin memberi “pernyataan” dan kepastian kepada instansi yang menahan bahwa dia “bersedia” dan bertanggung jawab memikul segala risiko dan akibat yang timbul apabila tahanan melarikan diri, Identitas orang yang menjamin harus disebutkan secara jelas, Instansi yang menahan menetapkan besarnya jumlah uang yang harus ditanggung oleh penjamin, yang disebut “uang tanggungan” (apabila tersangka/terdakwa melarikan diri), Pengeluaran surat perintah penangguhan didasarkan atas surat jaminan dari si penjamin. 

 

Timbulnya kewajiban orang yang menjamin menyetor uang tanggungan yang ditetapkan dalam perjanjian penangguhan penahanan:

a.Apabila tersangka/terdakwa melarikan diri;

b.Dan setelah lewat 3 bulan tidak ditemukan;

c.Penyetoran uang tanggungan ke kas Negara dilakukan oleh orang yang menjamin melalui panitera Pengadilan Negeri;

d.Apabila penjamin tidak dapat membayar sejumlah uang yang ditentukan tersebut, jurusita menyita barang miliknya untuk dijual lelang dan hasilnya disetor ke Kas Negara melalui panitera pengadilan negeri.

 

Jadi, untuk seseorang tersangka/terdakwa dapat ditangguhkan penahanannya, perlu dipenuhi syarat-syarat dan ada jaminan yang harus diberikan sebagaimana telah dijelaskan di atas.

 

Namun, hal-hal yang disebutkan di atas adalah dalam ranah normatif dan dapat berbeda dengan praktiknya di lapangan. Pada praktik di lapangan, penangguhan penahanan tersangka atau terdakwa dengan jaminan uang sangat berbeda dari yang diatur di dalam KUHAP serta peraturan-peraturan pelaksanaannya. Misalnya saja, pihak panitera pengadilan negeri tidak pernah memberikan tanda terima atas penyerahan uang jaminan yang diberikan pihak tersangka atau kuasa hukumnya. Selain itu, uang jaminan atas penangguhan penahanan yang diberikan sebelumnya, seringkali tidak pernah dikembalikan kepada pihak yang memberikannya meski terdakwa kemudian dinyatakan bersalah oleh pengadilan.

 

Terkait tidak dilakukannya penahanan oleh pihak Kejaksaan Negeri Kampar Berdasarkan Pasal 21 ayat (1) Kitab Undang-Undang Hukum Acara Pidana (“KUHAP”)perintah penahanan terhadap seorang tersangka atau terdakwa yang diduga keras melakukan tindak pidana berdasarkan bukti yang cukup, dilakukan dalam hal:

1. adanya keadaan yang menimbulkan kekhawatiran bahwa tersangka akan melarikan diri,

2. adanya keadaan yang menimbulkan kekhawatiran bahwa tersangka akan merusak atau menghilangkan barang bukti

3. adanya keadaan yang menimbulkan kekhawatiran bahwa tersangka akan mengulangi tindak pidana.

 

Dalam ilmu hukum pidana ketiga hal di atas lazim disebut sebagai alasan subyektif. Sedangkan alasan obyektif diatur dalam Pasal 21 ayat (4) KUHAP yang menyatakan bahwa penahanan tersebut hanya dapat dikenakan terhadap tersangka atau terdakwa yang melakukan tindak pidana dan/atau percobaan maupun pemberian bantuan dalam tindak pidana tersebut dalam hal:

a. tindak pidana itu diancam dengan pidana penjara lima tahun atau lebih;

b. tindak pidana sebagaimana dimaksud dalam Pasal 282 ayat (3), Pasal 296, Pasal 335 ayat (1), Pasal 351 ayat (1), Pasal 353 ayat (1), Pasal 372, Pasal 378, Pasal 379 a, Pasal 453, Pasal 454, Pasal 455, Pasal 459, Pasal 480 dan Pasal 506 Kitab Undang-undang Hukum Pidana, Pasal 25 dan Pasal 26 Rechtenordonnantie (pelanggaran terhadap Ordonansi Bea dan Cukai, terakhir diubah dengan Staatsblad Tahun 1931 Nomor 471), Pasal 1, Pasal 2 dan Pasal 4 Undang-undang Tindak Pidana Imigrasi (Undang-undang Nomor 8 Drt. Tahun 1955, Lembaran Negara Tahun 1955 Nomor 8), Pasal 36 ayat (7), Pasal 41, Pasal 42, Pasal 43, Pasal 47 dan Pasal 48 Undang-undang Nomor 9 Tahun 1976 tentang Narkotika (Lembaran Negara Tahun 1976 Nomor 37, Tambahan Lembaran Negara Nomor 3086).

 

Dari uraian di atas, berarti dimungkinkan seorang tersangka tidak ditahan. Yaitu jika tersangka tidak memenuhi ketentuan dalam Pasal 21 ayat (4) KUHAP dan tidak ada keadaan-keadaan sebagaimana terdapat dalam Pasal 21 ayat (1) KUHAP.

 

Terkait Pelimpahan Perkara Kepengadilan  dimana Hukum acara yang berlaku di peradilan pidana Indonesia secara umum diatur dalam UU No. 8 Tahun 1981 Tentang Hukum Acara Pidana (“KUHAP”).

 

Dalam Pasal 14 huruf e KUHAP disebutkan bahwa penuntut umum mempunyai wewenang yang di antaranya adalah untuk melimpahkan perkara ke pengadilan. Terkait dengan kewenangannya itu, penuntut umum berwenang melakukan penuntutan terhadap siapapun yang didakwa melakukan suatu tindak pidana dalam daerah hukumnya dengan melimpahkan perkara ke pengadilan yang berwenang mengadili (lihat Pasal 137 KUHAP).

 

Pengalihan perkara ke pengadilan ini dilakukan setelah penuntut umum menerima atau menerima kembali hasil penyidikan yang lengkap dari penyidik. Kemudian, penuntut umum segera menentukan apakah berkas perkara itu sudah memenuhi persyaratan untuk dapat atau tidak dilimpahkan ke pengadilan (lihat Pasal 139 KUHAP).

 

Untuk surat dakwaan dalam Pasal 140 ayat [1] KUHAP Setelah surat dakwaan dibuat, penuntut umum melimpahkan perkara ke pengadilan negeri dengan permintaan agar segera mengadili perkara tersebut disertai dengan surat dakwaan (lihat Pasal 143 ayat [1] KUHAP).

 

Mengenai jangka waktu penyerahan perkara pidana umum dari kejaksaan ke pengadilan tidaklah ditentukan oleh KUHAP. Akan tetapi, ada jangka waktu penahanan yang boleh dilakukan oleh penuntut umum yaitu berlaku paling lama 20 (dua puluh) hari dan dapat diperpanjang untuk paling lama 30 (tiga puluh) hari.


“Saya berharap kepada pihak pengadilan untuk mengadili perkara ini dengan objektif dan peran media sangat diharapkan untuk menelusuri kebenaran perkara tersebut,” jelas Jhony.



Mengingat kasus pengancaman ini, sejak dilaporkan ke Kapolsek Siak Hulu awal Januari silam tidak ditahan karena faktor sakit sekarang di Kejaksaan juga tidak ditahan dengan alasan pertimbangan kemanusiaan.(Red/Media Mandiri Group)

.



32 Komentar

[url=http://doxycycline.us.org/]doxycycline[/url] .

  • 16 Juli 2019 - 22:17:33

[url=http://clomidclomiphene.com/]order clomid[/url] .

  • 16 Juli 2019 - 18:33:38

[url=http://levitra911i.us.com/]best prices on levitra[/url] .

  • 16 Juli 2019 - 07:04:58

[url=http://prednisolone.irish/]prednisolone[/url] [url=http://prednisone.wtf/]where to buy prednisone online without a script[/url] [url=ht.

  • 16 Juli 2019 - 04:11:32

[url=http://elimite.company/]recommended site[/url] .

  • 16 Juli 2019 - 03:54:19

[url=http://cephalexin.us.org/]cephalexin[/url] [url=http://kamagra365.us.org/]kamagra oral jelly 100mg[/url] .

  • 15 Juli 2019 - 21:19:53

[url=http://nolvadex.run/]nolvadex[/url] .

  • 15 Juli 2019 - 19:41:42

[url=http://nolvadex.run/]going here[/url] .

  • 15 Juli 2019 - 15:18:50

[url=http://buytetracycline.us.com/]cheap tetracycline[/url] .

  • 15 Juli 2019 - 13:17:45

[url=http://bactrim.run/]bactrim[/url] [url=http://amoxil.company/]amoxil[/url] [url=http://lexapro.wtf/]lexapro online cheap[/url] [url=http://.

  • 14 Juli 2019 - 11:08:49

[url=http://cheapestcialis20mg.com/]cheap cialis[/url] [url=http://zithromax.club/]buying zithromax online[/url] [url=http://zithromax.us.org/]B.

  • 12 Juli 2019 - 14:43:08

[url=http://buycrestor.us.org/]generic crestor[/url] [url=http://buycolchicine.us.com/]colchicine without prescription[/url] [url=http://baclofe.

  • 12 Juli 2019 - 13:53:38

[url=http://trazodone4you.us.com/]trazodone[/url] [url=http://yasmin.us.org/]yasmin over counter[/url] [url=http://buyantiviralpill.com/]Generic .

  • 12 Juli 2019 - 10:54:08

[url=http://buyamoxicillin.ooo/]buy amoxicillin[/url] .

  • 12 Juli 2019 - 10:13:51

[url=http://acyclovir.institute/]acyclovir[/url] .

  • 11 Juli 2019 - 18:52:18

[url=http://serpina.us.com/]Serpina[/url] [url=http://wellbutrin.run/]order wellbutrin online[/url] [url=http://sildenafil18.us.org/]helpful res.

  • 11 Juli 2019 - 07:35:45

[url=http://genericlisinopril.company/]lisinopril buy online[/url] .

  • 11 Juli 2019 - 06:20:15

[url=http://augmentinamoxicillin.com/]amoxicillin[/url] [url=http://lisinopril.wtf/]lisinopril[/url] [url=http://mesenotel.com/]baclofen medicatio.

  • 09 Juli 2019 - 23:26:34

Adverse Reations To Amoxicillin How To Last Longer Men [url=http://buyoxys.com]levitra prices 20 gm free delivery[/url] Provera 5mg.

  • 09 Juli 2019 - 18:48:12

[url=http://buylevaquin.us.com/]buy levaquin[/url] [url=http://toprolxl.company/]toprol xl[/url] [url=http://gracefulurls.com/]metformin[/url] [.

  • 07 Juli 2019 - 16:52:48

[url=http://vermox.company/]where can i buy vermox[/url] [url=http://cost-of-cialis.com/]generic cialis[/url] [url=http://avodart.us.com/]avod.

  • 05 Juli 2019 - 08:40:04

Viagra Giugno 2013 Cialis Nessun Effetto Natural Eshop Cialis Danmark [url=http://aaost.com]cialis[/url] Propecia Espanol .

  • 04 Juli 2019 - 20:35:10

[url=http://acyclovir.irish/]acyclovir[/url] [url=http://saemedargentina.net/]cheap propranolol[/url] [url=http://doxycycline.irish/]doxycycline .

  • 04 Juli 2019 - 17:24:14

[url=http://ampicillin4you.us.com/]ampicillin 500[/url] [url=http://wellbutrin.club/]wellbutrin[/url] .

  • 04 Juli 2019 - 01:54:58

[url=http://abilify.irish/]abilify[/url] .

  • 04 Juli 2019 - 01:05:42

[url=http://buycialis.club/]buy cialis[/url] [url=http://jackshillcafe.com/]zithromax[/url] [url=http://clomid.recipes/]clomid[/url] [url=http://.

  • 03 Juli 2019 - 10:15:47

Cipro Epocrates Online Cialis Generique Vente En France Cialis Gunstig Mit Rezept [url=http://curerxfor.com]viagra prescription[/url] .

  • 01 Juli 2019 - 13:16:27

How To Buy Cialis Cheap Zithromax Allergy Symptoms [url=http://drugsir.com]buy cialis[/url] Online Canadian Pharmacies Prescription V.

  • 29 Juni 2019 - 02:19:43

Online Prescriptions Kamagra Tabletten Erfahrungsbericht Cialis Online Sito [url=http://ausgsm.com][/url] Propecia En Perdida Vesicare .

  • 26 Juni 2019 - 17:50:02

Singulair [url=http://cialiviag.com]cialis[/url] Vardenafil Information .

  • 03 Juni 2019 - 13:39:43

Keflex With Dogs Mezclar Viagra Y Alcohol Free Amoxicillin In Montgomery Alabama [url=http://sildenafbuy.com]viagra[/url] How Do Cia.

  • 31 Mei 2019 - 23:22:40

Cialis Reflusso Gastroesofageo Need Stendra [url=http://cialviag.com]canadian pharmacy cialis[/url] Cialis Vademecum Cialis Precio Ofic.

  • 12 Mei 2019 - 04:33:25

Berikan Komentar Anda



(Masukkan 6 kode diatas)