Dihadiri Kurang Lebih 300 Anggota dari 1550 Peserta, Damanhuri Lubis Terpilih Secara Aklamasi

Kamis, 19 September 2019 - 09:19:18 WIB
Diposting Oleh : Admin | Kategori : POLITIK - Dibaca : 223 kali


 
ROHUL, lintasbarometer.com
 
Melalui Rapat Anggota Tahunan (RAT) Luar Biasa, Rabu (18/9/2019), Daman Huri Lubis terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Koperasi Sawit (Kopsa) Perkasa Timur Kecamatan Tambusai, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul).
 
Untuk jabatan Wakil Ketua Pirdo Siregar, Sekretaris Aliamsyah, Wakil Sekretaris H. Sundut, dan Bendahara Sahruddin Siregar. Sedangkan Pengawas diketuai H. Porkot SH, MH, Sekretaris‎ Muhammad Ikhsan, Bendahara Hasonangan, sedangkan anggota Wahidin Damanik dan Rahman lubis.
 
RAT Luar Biasa dilaksanakan di Pasar Bukit Senyum, tanpa dihadiri pengurus lama dan juga dinas koperasi rokan hulu, terlihat hadir Kepala Desa (Kades) Tambusai Timur Mara Bona Hasibuan, Kades Suka Maju Indra Admaja, Tokoh Masyarakat Zulkarnain SH, anggota DPRD Rokan Hulu dari partai gerindra Dapil II Herman, perwakilan Koramil 11 Tambusai dan Polsek Tambusai.
 
Rapat ini juga dihadiri Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan sebagian anggota Kopsa Perkasa Timur dari tiga desa yaitu Desa Tambusai Timur, Desa lubuk soting dan Desa Tingkok.
 
Tokoh Masyarakat Zulkarnain mengatakan RAT Luar Biasa ini bertujuan menentukan pengurus baru. Ia mengharapkan pengurus baru‎ komitmen dalam menaikkan gaji anggotanya yang dinilai masih kecil sebelumnya.
 
mantan kades ini mengharapkan RAT dilakukan Kopsa Perkasa Timur ke depannya tidak terjadi keributan lagi seperti semasa ia menjabat kades.
 
"‎Kami mohon kepada generasi ke depannya janganlah terjadi ribut lagi damai-damai sajalah kita, biar rezeki pun terus datang," pesan Zulkarnain mengharapkan pengurus baru dan anggota memelihara sebaik mungkin Kopsa Perkasa Timur.
 
"Siapapun pengurus ke depan, masalah gaji anggota harus diperbaiki, sehingga semua anggota sejahtera," harapan besar Zulkarnain lagi.
 
‎Pada amanatnya, Kades Tambusai Timur Mara Bona Hasibuan mengatakan nasib Kopsa Perkasa Timur tetap ada di tangan anggotanya. Untuk itu ia mengajak anggota bersama dalam memajukan koperasi yang bermitra dengan PT. PSA, anak perusahaan dari Surya Dumai Group.
 
Mara Bona juga mengharapkan anggota dan pengurus Kopsa Perkasa Timur tetap akur setiap mengambil keputusan‎ bersama, dan dilakukan secara damai, tidak perlu gontok-gontokan, seperti RAT yang dilaksanakan belum lama ini.
 
‎Anggota DPRD Rokan Hulu, Herman, dari Dapil Rokan Hulu II (Tambusai dan Tambusai Utara) juga berharap tidak adalagi perselisihan antara anggota dengan pengurus Kopsa Perkasa Timur lagi ke depannya.
 
‎"Antara anggota dan pengurus harus memikirkan, serta menguntungkan dan meningkatkan perekonomian anggotanya," harap Herman, dan berharap tidak lagi terjadi perselisihan.
 
‎Sementara, Daman Huri Lubis, usai terpilih secara aklamasi sebagai Ketua Koperasi Sawit Perkasa Timur yang baru mengaku langkah awal yang dilakukan dirinya bersama pengurus adalah memperbaiki koperasi.
 
Daman Huri berjanji dalam waktu 1,5 tahun akan berusaha menaikkan gaji anggota Kopsa Perkasa Timur minimal Rp 100 ribu‎ per bulan. Bila tidak tercapai dalam waktu 1,5 tahun, sebagai ketua terpilih dirinya siap mengundurkan diri.
 
"Mulai dari saya sampai jajaran terendah saya, dan itu bisa saya janjikan. Ini semua kita lakukan dan keputusan ini untuk kesejahteraan masyarakat di masa mendatang," janji Daman Huri Lubis.
 
‎Ditanya adanya wacana audit yang akan dilakukan tim terhadap keuangan di kepengurusan Kopsa Perkasa Timur sebelumnya, Daman Huri Lubis mengaku pihaknya akan membahas dalam waktu dekat.
 
"Dan guna ini kita lakukan audit untuk mengetahui anggaran-anggaran yang mana layak untuk dikeluarkan, dan tidak layak untuk dikeluarkan," ujar Daman, dan mengaku untuk sebelum audit akan dimusyarahkan lagi dengan anggota.
 
Sedangkan adanya indikasi anggota "‎siluman", diakui Daman‎, pengurus baru juga akan melakukan bersih-bersih, melalui rapat bersama pemerintah desa, sehingga diketahui layak dan tidaknya dijadikan anggota Kopsa Perkasa Timur di tiga desa, yaitu di Desa Tambusai Timur, Desa lubuk soting dan Desa Tingkok.
 
Terlepas itu, terkait masih rendahnya gaji diterima anggota Kopsa Perkasa Timur, antara Rp20 ribu sampai Rp70 ribu per tiga bulan, diakui Daman, akan dibenahi pengurus baru.
 
Pengurus baru berkomitmen untuk berupaya menaikkan besaran gaji anggota Kopsa Perkasa Timur minimal Rp 100 ribu per bulan, dalam 1,5 tahun ke depan.
 
Daman mengungkapkan luas lahan pola kemitraan Kopsa Perkasa Timur dengan PT. PSA sekira 800 hektar, namun baru sekira 330 hektar lahan yang telah dikonversikan.
 
Jumlah anggota Kopsa Perkasa Timur sesuai amprah‎ sendiri, sambung Daman, ada sekira 1.550 orang sampai saat ini, namun perlu dilakukan evaluasi layak tidaknya nanti.
 
"Cuma kita tahu kebenarannya, karena kita telusuri di instansi daftar nama anggota tidak ada. Dan kita melakukan ini untuk mengecek anggota yang failid, supaya anggota di Kopertim ini adalah orang yang layak dan patut, dengan tujuan mensejahterakan masyarakat," ucap Daman Huri Lubis,sementara itu kadis koperasi heri islami dikompirmasi menjawab  terkait RAT luar biasa yang dilakukan didesa tam timur itu
menurut saya tidak prosedural,karna tidak mengikuti kaidah kaidah berkoperasi"pungkas heri islami.(ozi)
.



Belum Ada Komentar

Berikan Komentar Anda



(Masukkan 6 kode diatas)