3 Tempat Makam Leluhur Marga Nasution Akan Ditata Menjadi Wisata Religius Oleh Pemprov Riau

Kamis, 04 Juli 2019 - 16:30:58 WIB
Diposting Oleh : Admin | Kategori : SOSIAL BUDAYA - Dibaca : 184 kali



ROHUL, lintasbarometer.com

 

Wakil Gubernur Riau (Wagubri) H Edi Natar, mengunjungi tiga makam leluhur marga Nasution di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul), Minggu (29/06/2019).

 

Didampingi Sekda Rohul Abdul Haris Lubis, Kadisparbud Rohul Drs Yusmar M. Si, Kakan Satpol PP dan Damkar, camat dan para Kepala desa (Kades), Wakil gubernur mulai kunjungannya ke Bagas Godang Kubu Baru Hasahatan Desa Rambah Samo Barat, Kecamatan Rambah Samo.

 

Kemudian, melanjutkan kunjungannya ke makam Duduk di Batang Samo Desa Sukamaju, dan ke Makam sutan Tuah Sisolut di Dusun Batang Samo Desa Sukamaju, Kecamatan Rambah.

mantan Danrem itu melanjutkan kunjungan ke Dusun Keramat Desa Rambah Tengah Barat, Kampung Cibodak didampingi Sekda dan rombongan melihat jejak terakhir Boru Namora Suri Andung Jati, sekaligus melihat Makam Sutan Laut Api.

 

"Intinya kedatangan orang nomor dua diriau itu untuk melihat 3 makam leluhur Suku Mandailing, juga untuk mengetahui sejarah masuknya Suku Mandailing ke Rohul. Kemudian ada program berhubung orang tua beliau asli dari kampung Suku Mandailing di Rohul, untuk menata makam serta mencari sejarah asal suku Mandailing kemudian dikembangkan menjadi Wisata relegius,” jelas Sekda Rohul.

Edi natar nasution menyatakan, memiliki silsilah sejarah marga Nasution yang ada di Rohul, itu sesuai tulisan buku yg dimilikinya dari ayahnya.

 

Di sarankan, untuk menelusuri sejarah di Pisang Kolot Desa Tingkok Kecamatan Rambah Hilir, terkait sejarah asal kedatangan orang Mandailing pada tahun 1416 yang dipimpin Suri Andung Jati.

mantan komandan korem itu juga meminta menelusuri sejarah Asal usul masyarakat Mandailing dibawa Suri Andung Jati, setelah 32 tahun dipisang Kolot pindah ke wilayah Rambah, yang berada di pinggiran bukit barisan,"

 

"Kemudian, kita juga akan melaksanakan seminar, untuk menyatukan persepsi terkait asal muasal suku Mandailing masuk ke Rohul. itu upaya Pemrov Riau mendukung Wisata religius yang Ada di Rohul ini, " jelas sekda rohul. (Adv/Pemkab Rokan Hulu)

.



Belum Ada Komentar

Berikan Komentar Anda



(Masukkan 6 kode diatas)